Kegiatan 'Umbul Dungo' Relawan Santri untuk Mas Gibran (Relasi Gibran) Kabupaten Kudus di makam waliyullah Syekh Abdullah (Mbah Gareng). foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ratusan santri yang tergabung dalam Relawan Santri untuk Mas Gibran (Relasi Gibran) Kabupaten Kudus menggelar ‘Umbul Dungo’ alias doa bersama di makam waliyullah Syekh Abdullah atau yang kerap disebut Mbah Gareng yang berada di Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan Kudus, Minggu (8/10).

Umbul Dungo tersebut dilakukan untuk mendoakan keselamatan bangsa dan negara dalam menghadapi tahun politik serta secara khusus mendukung Gibran Rakabuming Raka untuk ikut maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

Kegiatan Umbul Dungo diawali dengan pembacaan istighosah kemudian dilanjutkan tahlil bersama. Hadir dalam acara tersebut sekitar 150 orang alumni pesantren, madrasah, majelis taklim maupun majelis shalawat dari berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Kudus.

Secara khusyuk, para santri ini berdoa dan bermunajat untuk melambungkan doa dan harapan kepada Allah. Usai istighosah dan tahlil, acara pun ditutup dengan makan bersama para santri.

Ketua Panitia, Didik HS mengatakan Umbul Dungo ini adalah tradisi para santri sebagaimana diajarkan dalam dunia pesantren. Pihaknya sengaja memilih tempat makam Syekh Abdullah untuk bisa mendapat keberkahan dari salah satu waliyullah penyebar agama Islam di Kudus tersebut.

“Syekh Abdullah atau Mbah Gareng ini merupakan salah satu penyebar agama Islam yang memiliki karomah luar biasa. Untuk itu, kami sengaja memilih makam Mbah Gareng ini agar bisa bertawasul dan bertabarruk agar doa yang dipanjatkan bisa dikabulkan oleh Allah SWT,”kata Didik.

Baca Juga:

Ratusan Santri Milenial Se Pantura Timur Deklarasikan Relasi Gibran

Sementara, Ketua Relasi Gibran Kabupaten Kudus, Muhammad Abdul Idris mengatakan tema Umbul Dongo kali ini adalah bermunajat untuk membuka pintu langit agar pemilu berjalan lancar dan damai demi keutuhan NKRI.

“Kami berdoa agar Pemilu 2024 bisa berjalan dengan lancar dan damai, serta mampu merekatkan keutuhan NKRI,”kata Idris.

Secara lebih khusus, kata Idris, kegiatan ini juga merupakan tindaklanjut dari deklarasi Relasi Gibran tingkat nasional yang digelar beberapa waktu lalu. Relasi Gibran telah menyatakan dukungannya untuk pencalonan putera Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk ikut maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

“Kami juga mendoakan agar apa yang dicita-citakan Mas Gibran bisa terwujud dan beliau bisa mau dalam Pilpres 2024 mendatang,”tandasnya.

Idris menambahkan, seluruh santri yang tergabung dalam Relasi Gibran mendukung Gibran menjadi cawapres dalam Pilpres 2024 mendatang. Gibran sebagai Wali Kota Surakarta dalam kepemimpinannya sudah menunjukkan bagaimana kesiapan menghadapi berbagai perkembangan dengan tetap memegang teguh identitas budaya dan jatidiri bangsa.

“Kepemimpinan di era sekarang perlu sosok seperti Mas Gibran, yang sejalan dengan semangat santri bahwa kemajuan zaman dengan berbagai teknologinya tak boleh menggerus budaya dan tradisi,” kata dia.

Hanya saja, terkait dengan siapa Gibran akan berpasangan nanti, menurut Idris, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Gibran untuk menentukan pilihan.

Ali Bustomi