Proses pemadaman api di kebun bambu yang dilakukan BPBD Kudus. Foto: Lail

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kebun bambu dekat pabrik kerupuk di Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus terbakar, Jumat sore 6 Oktober 2023.

Saksi mata, Danang, mengatakan terjadi kebakaran hebat di kebun bambu belakang pabrik kerupuk ini mengagetkan warga Dukuh Patihan Desa Tanjungrejo ini,’’kata Danang.

‘’Berawal dari warga yang melihat asap hitam tebal membumbung tinggi dari kebun bambu,mereka segera melaporkan kepada Pemerintah Desa Tanjungrejo diteruskan kepada Badan Penanggulangan Belum diketahui penyebab terbakarnya kebun bambu tersebut. Beruntung,upaya pemadaman cepat dari petugas pemadam kebakaran BPBD Kudus

‘’Petugas (BPBD) dan Unit Damkar Kudus yang datang cepat mampu mengendalikan  dan memadamkan api sebelum menyebar membakar pabrik krupuk yang dekat dengan terjadinya kebakaran kebun bambu,’’ kata Danang.

Sementara Johan Supriono dari BPBD Kudus menyatakan, tidak ada korban jiwadalam kejadian ini. “Kerugian belum bisa ditaksir pasti, mengingat kebun bambu yang terbakar cukup luas,’’ kata Johan Supriono.

Menurut Johan, hari Jumat itu merupakan rekor kejadian. “Dari siang hingga menjelang magrib di Kudus terjadi kebakaran tujuh lokasi yang berbeda-beda,’’ kata Johan Supriono.

Dengan seringnya terjadi kebakaran pada musim kemarau ini, kata Johan, warga diminta waspada agar kejadian serupa tidak berulang.

Lailul Huda-Mg