blank
: H. Hisyam Zamroni sematkan tanda peserta

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka mengembangkan keterampilan, kepemimpinan, dan kerjasama anak-anak usia dini, Kwaran Pramuka Tahunan menggelar acara Pesta Siaga yang dilaksanakan pada hari ini, 5 Oktober 2023 di MI Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara. Sebanyak 51 Gugus Depan SD/MI di Kecamatan Tahunan turut memeriahkan agenda tahunan tersebut.

Hadir dalam acara tersebut Polsek Tahunan, Koramil Tahunan, KUA Tahunan, Puskesmas Tahunan, Petinggi desa Ngabul, Pengawas KKMI Kecamatan Tahunan, Kamabigus SD/ MI se-Kecamatan Tahunan, dan keluarga besar Yayasan Zumrotul Wildan Ngabul.

blank
Salah satu Taman yang dikunjungi peserta Pesta Siaga

Kamabiran yang diwakili H. Hisyam Zamroni membuka secara resmi kegiatan Pesta Siaga. Dalam  sambutannya, H. Hisyam, panggilan akrabnya menggaris bawahi tujuan Gerakan Pramuka yaitu membentuk setiap pramuka memiliki karakter mulia, kecakapan hidup, cinta kepada negaranya, dan menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila.

Beragam kegiatan adik-adik Pramuka digelar dalam bentuk berbagai kegiatan taman, yaitu taman toleransi beragama, taman tanda pengenal pramuka, taman bangga jawa tengah, taman scoting skill, dan taman funball.

blank
Para juara dan trofi kejuaraan

Penyelenggaraan pesta siaga kwartir ranting Tahunan tahun ini digelar di MI Zumrotul Wildan Ngabul dan sekitar lingkungan sekolah. Sebagian rumah warga dijadikan tempat untuk taman-taman tempat bermain anak siaga. Kegiatan pesta siaga memang bentuk kegiatan bermain sambal belajar sekaligus berlomba untuk menjadi barung tergiat.

” Pesta Siaga ini tidak hanya menjadi momen berharga bagi anak-anak Siaga untuk belajar, tetapi juga untuk memperkuat persatuan dan semangat kepramukaan di lingkungan Kwartir Ranting Tahunan sehingga akan tumbuh berkembang generasi muda yang tangguh dan berprestasi,” tutur Moh. Taufiq, salah satu Panitia.

blank
Forkompincam Tahunan hadir beri support Pesta Siaga

Pesta Siaga berakhir pada pukul 14.25 WIB. dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh H. Nur Jazin, Pengurus KKMI Kecamatan Tahunan. H. Nur Jazin mengapresiasi semangat dan kekompakan para Kamabigus dalam menyukseskan Kegiatan Pesta Siaga.

Lebih lanjut H. Nur Jazin menuturkan, bahwa yang terpenting semua peserta sudah menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas.”Dalam setiapperlombaan pasti ada yang menang dsan kalah. Yang terpenting adalah kejujuran dan spostivitas. Sebab pesta siaga merupakan media guna pembuktian yang terbaik serta memperbaiki agar lebih baik dimasa mendatang,” tuturnya

” Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung suksesnya Pesta Siaga, Pengurus Kwaran, dewan juri, Forkompincam Tahunan, Kamabigus SD/MI, para pembina, adik-adik Pramuka siaga yang hebat-hebat, utamanya kepada Keluarga besar Yayasan Zumrotul Wildan Ngabul Jepara,” tegas H. Nur Jazin.

blank
Jajaran pengurus Kwaran Tahunan

Kegiatan Pesta Siaga diakhiri dengan pengumuman juara dan pemberian apresiasi kepada para pemenang lomba pesta Siaga. Hasil Kejuaraan sebagai berikut :

Barung Putra : Tergiat 1 diraih MI Masholihul Huda, Tergiat 2 diraih SDN 5 Kecapi,  Tergiat 3 diraih SDN 2 Kecapi,  Harapan 1 diraih SDN 1 Kecapi, Harapan 2 diraih SD Semai,  Harapan 3 diraih MI Nafa Petekeyan

Barung Putri :Tergiat 1 diraih SD Semai,  Tergiat 2 dirauh SDN 1 Platar, Tergiat 3 diraih MI Al Hidayah Langon,  Harapan 1 diraih MI Miftahul Huda Tegalsambi,  Harapan 2 diraih SDN 1 Krapyak, Harapan 3 diraih SDN 4 Krapyak

Hadepe –   Sub / Taufiq