blank
Bacawapres Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar saat sowan di kediaman Pengasuh Yanbu'ul Quran KH Ulil Albab Arwani. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Bakal Cawapres dari Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar, Senin (2/10) sowan ke kediaman pengasuh Ponpes Yanbu’ul Quran, KH Ulil Albab Arwani dan KH Ulin Nuha Arwani.

Kehadiran Muhaimin tersebut dalam rangka memohon doa restu atas pencalonannya sebagai cawapres bersama Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 mendatang.

Rombongan Muhaimin tiba di kediaman KH Ulil Albab yang berada di komplek Ponpes Yanbuul Quran, Desa Kerjasan, Kecamatan Kota sekitar pukul 13.30 WIB.

Ikut mendampingi sejumlah petinggi PKB diantaranya anggota FPKB DPR RI, Fathan Subhi, Ketua DPW PKB Jateng KH Yusuf Chudlori, Ketua PCNU Kudus KH Asrofi Masyito, serta Ketua DPC PKB Kudus Mukhasiron serta jajaranya.

Dalam pertemuan tersebut, rombongan disambut dengan ramah oleh KH Ulil Albab Arwani dan KH Ulin Nuha Arwani. Beberapa kali suara gelak tawa terdengar dari dalam ruang pertemuan yang tertutup dari para wartawan.

Usai pertemuan, Muhaimin Iskandar menegaskan bahwa kedatangannya dalam rangka sowan dan memohon restu kepada KH Ulil Albab dan KH Ulin Nuha terkait majunya dirinya sebagai cawapres dalam Pilpres 2024 mendatang.

“Ya kedatangan saya tentunya mohon doa terhadap kedua beliau. Karena kedua beliau ini sangat alim, sangat kuat ilmunya dan sangat dicintai oleh masyarakat. Oleh karena itulah, semoga Allah mengabulkan semua doa kita,”kata Muhaimin.

Selanjutnya, kata Muhaimin, dengan kehadirannya di Kudus, pihaknya berharap semakin memperkuat dan memperlancar keberadaan Amin (Anies-Muhaimin) di Jawa Tengah.

“Untuk Jawa Tengah ya minimal sepuluh juta (suara) lah,”tambah Muhaimin.

Sementara, saat disinggung mengenai hasil rakernas PDIP yang menutup peluang pasangan Prabowo-Ganjar, menurut Muhaimin bukan kapasitas PKB untuk mengomentari.

Pun dengan skenario dua poros atau tiga poros, Muhaimin mengaku tidak mempermasalahkannya.

“Mau dua poros atau tiga poros, kita siap,”tandasnya.

blank
Rais Syuriah PCNU Kudus sekaligus Pengasuh Ponpes Yanbu’ul Quran Kudus KH Ulil Albab Arwani. Foto:Ali Bustomi

Sama-sama orang NU

Sementara, KH Ulil Albab Arwani dalam pernyataannya mengatakan silaturahmi yang dilakukan Muhaimin adalah hal yang biasa.

“Kita sama-sama santri, sama-sama Jamiyah Nahdlatul Ulama, silaturahim itu hal yang biasa,”katanya.

Rais Syuriah PCNU Kudus tersebut juga menegaskan dukungannya terhadap Muhaimin dalam Pilpres 2024.

“Ya kita ini sama-sama NU, partainya juga PKB, ya kami dukung. Semoga nanti mendapat barokah dari Allah SWT sehingga negara kita menjadi negara yang baik dan makmur,”paparnya.

Terkait figur Anies Baswedan sendiri, KH Ulil Albab menganggap tidak ada masalah.

“Ya kalau saya lihat sama-sama santri. Sama-sama backgroundnya pesantren. Jadi tidak ada masalah,”tandasnya.

Hanya saja, KH Ulil Albab tetap mengingatkan agar pasangan Anies-Muhaimin tetap menjaga niatnya dalam mencalonkan diri sebagai pemimpin negeri, yakni untuk kepentingan bangsa dan negara.

Usai sowan ke KH Ulil Albab dan KH Ulin Nuha, Muhaimin juga berkesempatan hadir dalam peringatan Maulud yang digelar di Ponpes Darul Falah Jekulo asuhan KH Jazuli Basyir dan KH Badawi Basyir. Muhaimin juga dijadwalkan berziarah di makam Sunan Muria.

Ali Bustomi