blank
Kepala Kanwil Kumham Jateng, Tejo Harwanto bersama Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi dan para pejabat Polda berfoto bersama usai kegiatan audiensi. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah terus membangun sinergi dan kolaborasi dengan instansi eksternal.

Kepala Kanwil Kumham Jateng, Tejo Harwanto melakukan audiensi dengan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, Senin (2/10/2023).

Pertemuan yang digelar di ruang kerja Kapolda tersebut merupakan yang pertama dilakukan Tejo Harwanto dengan aparat penegak hukum sejak dirinya dilantik Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) sebagai Kakanwil Kumham Jateng pada tanggal 25 September 2023 lalu.

“Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini tidak bisa berjalan sendiri. Perlu dukungan dari Polri, seperti masalah pengamanan dan pengawalan di dalam Lapas,” ujar Tejo.

Perbicangan mereka juga menyentuh koordinasi kedua belah pihak terkait Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di wilayah Jawa Tengah. “Intinya tugas Kemenkumham juga bagian dari tugas Polri. Untuk itu mohon masukan dan arahan dari Pak Kapolda,” lanjut Tejo.

Sementara itu Luthfi menyampaikan, jika selama ini koordinasi antara Kemenkumham Jateng dengan Polda telah berjalan dengan baik.

“Sudah berjalan lama kerja sama dengan Kumham. Tidak hanya soal Lapas, tetapi juga yang lain. Yang penting saling koordinasi, dan sudah ada nota kesepahaman (MoU) mengenai penitipan tahanan,” terang Luthfi.

Khusus terkait penegakan hukum narkoba, baik Kakanwil maupun Kapolda sepakat untuk duduk bareng. Tidak hanya warga binaan, tapi juga petugas jika ada. “Diperlukan langkah bersama dalam penegakan hukum peredaran narkoba,” tandas Luthfi.

Ning S