blank
DIKIRAB - Foto para Pahlawan Revolusi saat dikirab. (Foto: Diskominfo)
BATANG (SUARABARU.ID) – Ada hal yang unik pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini di Batang. Bendera sepanjang 1.000 meter dan foto tujuh pahlawan revolusi dikirab diiringi 4.500 Organisasi Kemasyarakatan yang ikut berpartisipasi dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila.
Rombongan kirab diberangkatkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki  dari Jalan Diponegoro menuju Jalan A Yani, Jalan Pemuda dan berakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu.
Lani memastikan, peserta yang berpartisipasi lebih dari jumlah yang terdaftar, karena nyatanya tidak hanya organisasi kemasyarakatan, namun pelajar dan masyarakat umum pun antusias untuk ikut memeriahkannya.
“Misi utamanya untuk meningkatkan semangat masyarakat dari berbagai kalangan, dalam memaknai bendera merah putih sebagai jati diri bangsa,” katanya, saat menyaksikan kirab, di Jalan Diponegoro Batang, Kabupaten Batang, Minggu (1/10/2023).
Melalui kirab Merah Putih semangat jiwa Pancasila dapat terus digelorakan, utamanya kepada generasi muda agar meneladani para pahlawan revolusi yang rela mengorbankan jiwa raganya demi mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa.
Tak hanya organisasi kemasyarakatan, namun sejumlah kelompok marching band pun ikut berpartisipasi dengan menampilkan kemahirannya memainkan alat musik diiringi atraksi yang memukau.
Selain itu, lanjut dia, dalam rombongan ikut dikirab pula sejumlah foto para pahlawan revolusi. “Itu untuk mengingatkan kembali, agar generasi muda mengerti dan memahami, bahwa ada pahlawan revolusi yang gugur akibat peristiwa Gerakan 30 September atau yang dikenal dengan G30S/PKI,” ujar dia.
Nur Muktiadi