Penampilan voice of SWCU dalam acara pre competition concert, Rabu (27-09-2023) di Balairung Universitas. Foto: Humas UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Penampilan menawan kembali disuguhkan paduan suara mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU) dalam Pre-Competition Concert, Rabu (27/09/2023) malam.

Konser yang bertempat di Balairung Universitas ini bertajuk “Laudem Gloriae Road to 19th Busan Choral Festival and Competition 2023”.

Lagu Magnificat: Primi Toni membuka penampilan Voice of SWCU. Harmonisasi suara sopran, alto, tenor dan bass yang mengalun merdu dan seakan memikat penonton yang hadir. Delapan lagu disuguhkan oleh Voice of SWCU dalam konser yang terbagi menjadi dua sesi tersebut.

Dibalut busana kombinasi warna emas dan hijau, penampilan Voice of SWCU menyanyikan lagu Fajar dan Senja II berhasil menghipnotis penonton untuk memberikan applause dan sorakan meriah ketika lagu berakhir.

Lagu lain yang dinyanyikan secara berturut-turut pada sesi ini yaitu lagu Lux Aeterna, Joshua Fought The Battle dan De Profundis.

Menariknya, sorak sorai penonton tak henti terdengar ketika memasuki sesi kedua. Suasana konser pada sesi ini tampak berbeda karena Voice of SWCU kembali berdiri di atas panggung dengan mengenakan pakaian adat dari lagu daerah yang dibawakan.

Ketiga lagu daerah tersebut yaitu Tak Tong Tong dari Sumatera Barat, Oh Adingkoh dari Kalimantan Tengah, dan Benggong dari Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tak hanya itu, penampilan spesial dari vokal grup Lentera Kasih dan Amici Miei Choir Sekolah Dasar Kristen 03 Eben Haezer turut mengisi konser malam ini.

Persiapan

Manajer Voice of SWCU Juanita Theresia Adimurti, S.Sn., M.Pd., menuturkan, konser malam itu merupakan bentuk persiapan Voice of SWCU untuk mengikuti kompetisi paduan suara internasional di Busan, Korea Selatan pada Oktober mendatang.

“Acara malam ini sebagai tryout panggung bagi Voice of SWCU dan permohonan doa restu dari keluarga, karena kami akan mengikuti kompetisi 19th Busan Choral Festival and Competition 2023 di Busan,”ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, Voice of SWCU akan untuk mengikuti kompetisi pada tanggal 18 hingga 21 Oktober 2023 mendatang. Dua kategori yang akan diikuti Voice of SWCU dalam ajang ini adalah mix quayer dan folklor, dan menampilkan lagu yang sama dengan konser ini

“Kami akan berangkat pada tanggal 15 Oktober mendatang. Pada ajang ini kami akan memberangkatkan empat puluh dua orang yang terdiri dari anggota Voice of SWCU, conductor, pelatih dan pemain musik,” ungkap Juanita Theresia yang juga Dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Juanita Theresia juga berharap Voice of SWCU dapat memberikan penampilan terbaik pada kompetisi internasional tersebut.

Dukungan universitas

Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., dan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur dan Perencanaan (WR KIP) Priyo Hari Adi, S.E., M.Si., Ph.D., Ak.