Petugas Damkar Pemkab Wonogiri, berupaya memadamkan api sampai tuntas pada musibah kebakaran rumah di Dusun Cobor, Desa Sumberejo, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Minggu (1/10), terjadi lagi kebakaran rumah di Kabupaten Wonogiri. Api tungku dapur, telah membakar ludes rumah milik Irmawanto beserta seluruh isi harta benda yang ada di dalamnya.

Tidak ada korban jiwa, karena saat kejadian rumah dalam keadaan kosong. Karena saat kejadian berlangsung, penghuninya tengah pergi berbelanja ke warung.

Kebakaran rumah Irmawanto tersebut, berlangsung Minggu pagi (1/10) di Dusun Cobor RT 1/RW I, Desa Sumberejo, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Musibah ini diawali saat Ny Suhartini (istri Irmawanto) memasak di dapur, menggunakan tungku tradisional berbahan bakar kayu.

Karena ada keperluan untuk melengkapi bumbu masakannya, Ny Suhartini serta merta pergi ke warung. Tanpa disadari, api tungku merembet membakar stok kayu bakar yang ada di dekatnya, dan makin berkobar membakar rumah dapur, kemudian meluas membakar rumah induk beserta seluruh isi harta benda yang tersimpan di dalamnya.

Tetangga yang mengetahuinya, tidak dapat berbuat banyak untuk melakukan pemadaman, karena di lokasi tidak tersedia air. Tiupan angin di musim kemarau, memicu kobaran api menjadi sulit dikendalikan. Kobaran api  cepat merembet meluas membakar ke semua sudut rumah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTS) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, menyatakan, pihaknya mendapatkan kontak permohonan bantuan pemadaman pada Pukul 09.45.

Yang Ke 95

”Begitu mendapatkan kontak permohonan bantuan pemadaman, kami langsung mengirimkan Tim Damkar Regu II Pimpinan Danru (Komandan Regu) Tri Budi Santosa meluncur ke lokasi,” jelas Joko Santosa. Tim yang beranggotakan 6 personel langsung menuju ke lokasi dengan membawa serta dua unit mobil brandweer.

Karena jaraknya relatif jauh, sekitar 30 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri, Tim Damkar Pemkab Wonogiri tiba di lokasi pada Pukul 10.25 dan langsung melakukan pemadamanan sampai Pukul 11.45. Pemadaman dilakukan dengan mendapatkan bantuan dari personel Polsek dan Koramil Jatisrono bersama perangkat desa dan masyarakat.

Kebakaran rumah Irmawanto ini, menjadi kasus kedua kebakaran rumah yang dipicu oleh api tungku. Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Rabu (27/9) lalu, gara-gara api tungku yang berkobar telah membaka ludes rumah dapur milik Budiyono di Lingkungan Banaran, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Menjadi kasus kebakaran ketigakalinya dalam kurun waktu 5 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri. Menyusul setelah sebelumnya, Kamis petang (28/9) lalu, terjadi kebakaran besar yang meluluhlantakkan Pasar Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Selama 9 bulan terakhir ini, Damkar Pemkab Wonogiri setidak-tidaknya telah memberikan pertolongan pemadaman kebakaran sebanyak 95 kali. ”Kami mengimbau masyarakat untuk tidak sembrono dalam memperlakukan api. Banyak kebakaran yang dipicu oleh sikap sembrono dari warga masyarakat,” ujar Kepala UPTD Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa.
Bambang Pur