Ilustrasi. Reka: Wied

APA bedanya jin, setan, hantu, gendruwo, peri, tuyul, danyang dan makhluk halus lain? Dunia makhluk halus tak ubahnya dunia kita. Makhluk halus ada banyak golongan.

Makhluk halus ada tiga macam: Malaikat, iblis, jin. Malaikat adalah makhluk yang patuh kepada Tuhan, sedangkan iblis, sebaliknya. Bangsa jin ada yang patuh, sebagian kafir. Seperti manusia, ada yang takwa, setengah takwa, ada juga yang kafir.

Bagaimana dengan danyang, gendruwo, peri dan tuyul? Dunia ini dihuni makhluk halus dan mempunyai sistem pemerintahan layaknya manusia.  Di alam mereka ada pembagian wilayah dan peradaban.

Danyang adalah “dedengkot” jin yang berkuasa pada suatu wilayah, misalnya Nyai Roro Kidul diyakini sebagai penguasa Laut Selatan. Menurut penuturan kaum “sidik permana” yang mengaku dapat melihat alam gaib, dunia pedanyangan di Indonesia berpusat di Gunung Lawu, dan rajanya bernama Sunan Lawu.

Danyang adalah golongan jin yang baik dan setiap tanggal 1 Sura berkumpul di Gunung Lawu untuk ritual mohon keselamatan kepada Tuhan. Sedangkan gendruwo adalah jenis jin yang otaknya mesum dan senang menggoda wanita.

Yang digoda terutamanya ibu-ibu yang sedang kesepian. Saat menggoda wanita, genderuwo terkadang mengubah diri hingga mirip suami wanita itu bahkan dengan penampilan yang lebih modis.

Konon, hutan jati Donoloyo di Slogohimo, 60 km timur Wonogiri, hutan yang berumur ratusan tahun dan diyakini sebagai “pusat pemerintahan” makhluk halus di Keduwung, Wonogiri.