blank
Lapas Kelas IIB Wonosari Yogyakarta studi banding di Lapas Kelas 1 Semarang, Sabtu (30/9/2023). Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lapas Kelas IIB Wonosari Yogyakarta melakukan studi banding di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Semarang, Sabtu (30/9/2023).

Lawatan tersebut untuk meningkatkan pelayanan terhadap tahanan dan narapidana Lapas Kelas IIB Wonosari Yogyakarta.

Menurut Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Semarang, Tri Saptono Sambudji, kegiatan ini sebagai sarana bagi sesama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan untuk belajar dan berbagi pengetahuan.

Pada kesempatan ini rombongan Lapas Wonosari meninjau Klinik Pratama yang menjadi tempat pelaksanaan pelayanan prima kesehatan bagi warga binaan.

Tri Saptono mengatakan, kegiatan di klinik meliputi pemeriksaan fisik bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang difokuskan untuk WBP yang mempunyai faktor rIsiko seperti obesitasi, lansia, atau yang mempunyai riwayat penyakit sebelumnya.

DI Klinik Pratama juga melakukan tindakan preventif berupa sosialisasi kepada warga binaan guna menerapkann hidup bersih dan sehat, sehingga kesadaran akan kebersihan diri dan lingkungan bisa terbentuk

“Seperti inilah kondisi Klinik Pratama Lapas Semarang yang dengan sepenuh hati merawat dan memperhatikan kondisi kesehatan jasmani dan rohani warga binaan, ” kata Tri Saptono.