blank
Pengurus dan pelatih Pusdiklatcab Pramuka Jepara beserta Pengurus Sakoma, dan peserta KMD

JEPARA (SUARABARU.ID) – Waka Bina Satuan Kwarcab Pramuka Jepara, Hj.  Lutfia mewakili Ka.  Kwarcab Pramuka Jepara, Hesti Nugroho membuka secara resmi kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina di Sakoma Jepara pada hari ini, 30 September 2023 di MA Miftahul Huda Bulungan.

blank
Waka Pusdiklatcab, Salamun serahkan Tunggul Bendera Kegiatan kepada Pinsus Kwarcab Jepara, Hariyanto

Acara Pembukaan KMD dihadiri  Pengurus dan Pelatih Pusdiklatcab Jepara. Ketua LP Ma’arif NU, Mualimin beserta jajarannya, Waka Pinsako, Achmad Makhali beserta jajarannya. Dari Pusdiklat tampak hadir Waka Pusdiklat, Sugiono, Wakapusdiklat Kalingga Kwarcab Jepara, Salamun, Waka Binawasa, Nurul Aini, Waka Bina Satuan, Hj. Lutfia beserta jajaran pengurus dan pelatih lainnya.

blank
Ketua LP Ma’arif beserta jajaran Pusdiklatcab Pramuka Jepara

Ketua LP Ma’arif, Mualimin mengajak seluruh peserta KMD untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan KMD sehingga harapan untuk mewujudkan pembina yang profesional, inovatif, dan kompetitif dapat terwujud.

blank
Waka Bina Satuan, Hj. Lutfia Buka acara KMD di Sakoma Jepara

Lebih lanjut Mualimin menuturkan pentingnya pendidikan karakter,  pembekalan ilmu dan keterampilan Pramuka kepada generasi muda, karena Pramuka menanamkan nilai-nilai luhur yang sejalan dengan perjuangan LP Ma’arif dan Nahdlatul Ulama.

Mualimin menyitir sebuah maqolah, ” Hayatul Fata Wallahi Bil ilmi Wattuqa Idza Lam Yakuunaa Laa Iktibaraa Lidzatihi, Kehidupan pemuda itu dengan Ilmu dan ketaqwaan, Bila keduanya tidak ada maka eksistensinya tidak dianggap ada,” jelasnya.

blank
Ketua Mabi Sakoma Jepara, Mualimin sampaikan sambutan

Kepada para pembina, Mualimin berpesan untuk ikhlas intisyarul Ilmi ( menyebarkan ilmu) kepada adik-adik Pramuka dan memberi semangat untuk mengikuti kegiatan Pramuka sehingga Pramuka dapat berperan dalam kemajuan bangsa.

Hj. Lutfia, Waka Bina Satuan Kwarcab Pramuka Jepara menyampaikan pidato sambutan Ka. Kwarcab Pramuka Jepara yang berhalangan hadir karena ada agenda yang bersamaan.

Ka. Kwarcab menuturkan peran penting pembina Pramuka dalam menggerakkan kegiatan Pramuka di Gugus Depan masing-masing,  membentuk karakter generasi muda dan dapat berperan sebagai salah satu pilar negara.

blank
Peserta KMD Sakoma Jepara

” Pembina Pramuka adalah ujung tombak pembinaan kepramukaan, harus mampu menciptakan kegiatan Pramuka yang gembira, asik, dan ceria. Oleh karena itu, pembina Pramuka harus distandarkan kompetensinya sekurang-kurangnya sudah bersertifikat Kursus Mahir Dasar,” tegasnya

Acara Pembukaan KMD ditandai dengan pemberian Tunggul Bendera Kegiatan dari Salamun, Waka Pusdiklat Kalingga Kwarcab Jepara kepada Pinsus Utama Kwarcab, Hariyanto yang dilanjutkan dengan penancapan kapak sebagai tanda dimulainya Kegiatan Kursus Mahir Dasar Sakoma Jepara tahun 2023.

blank
Peserta KMD Sakoma Jepara

Adapun kegiatan KMD akan berlangsung mulai tanggal 30 September dan 1 Oktober 2023 dilanjutkan pada tanggal 6-8 Oktober 2023 yang diikuti 121 pembina Pramuka dengan kategori 3 golongan. Golongan siaga 25 peserta, golongan penggalang 76 peserta, dan golongan penegak 20 peserta.

Hadape –Sub