blank
Foro bersama mahasiswa Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan Ketua Umum KONI Kota Magelang, Ali Sobri Sungkar (topi) dan Kepala Disporapar Sarwo Imam Santoso (tengah). (Dok KONI Kota Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Setelah membantu KONI Kota Magelang mempersiapkan atlet untuk berlaga di Porprov Jateng 2023 sekitar 5 bulan melalui program ‘Merdeka Belajar’, sebanyak 25 mahasiswa Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jumat (29/9), pamitan kepada Ketua Umum KONI Kota Magelang Ali Sobri Sungkar serta Kepala Disporapar, Sarwo Imam Santoso.

Pada acara yang berlangsung di Aula Kantor Disporapar, Ketua Tim Mahasiswa Magang Fakultas Keolahragaan UNS, Ramadan, mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin selama 5 bulan ini.

‘’Kami segenap mahasiswa UNS meminta maaf, apabila selama kami menjalankan tugas ada kekurangan yang disengaja maun tidak disengaja,’’ ujarnya.

Dia mengungkapkan, target 10 besar Porprov 2023 memang tujuan utama. Namun pada Porpov XVI, alhamdulillah masih bisa bertahan di peringkat 16 besar, dengan kenaikan medali dari 45 (tahun 2018) menjadi 63 pada cabor yang kami dampingi.

‘’Semoga kerja sama yang terjalin antara UNS dan KONI Kota Magelang masih tetap berjalan ke depannya, dan pada tahun 2026 Kota Magelang masih bisa bersaing di 10 besar dengan perolehan medali yang lebih baik lagi dari tahun ini,’’ harap Ramadan.

Program itu diikuti mahasiswa semester 5. Mereka magang di berbagai cabang olahraga di KONI untuk membantu meningkatkan prestasi atlet, pelatih dan sebagainya.

Wakil Dekan 3 Fakultas Keolahragaan UNS, Haris Nugroho mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Ali dan Pak imam, yang telah berkenan ditempati mahasiswa Fakultas Keolahragaan UNS magang. Ini syarat yang harus dilakukan mereka guna mencari pembelajaran di luar.

Setelah itu, lanjutnya, mereka harus melakukan magang satu di kelompok kecil rekannya sendiri. Mereka belajar melatih dan terakhir latihan yang sebenarnya.

‘’(Selama magang di KONI red), ini pengalaman pemberlajaran langsung di lapangan, meskipun kadang tidak sesuai yang direncanakan.Mereka setelah lulus menjadi sarjana kepelatihan olahraga,’’ terang Haris.

Ketua Umum KONI Kota Magelang Ali Sobri Sungkar berharap, meski kerja sama KONI dengan Fakultas Keolahragaan UNS sudah berakhir, program kerja sama seperti ini diharapkan bisa tetap berlanjut, dan mohon tetap ada komunikasi. KONI sangat welcome ada program seperti itu lagi.

‘’Atas nama pengurus dan jajaran KONI Kota Magelang saya mohon maaf, apabila sejak awal hingga terakhir ini banyak kekurangan dalam melayani,’’ pinta Ali Sobri Sungkar. (Doddy Ardjono)