blank
DIBERSIHKAN - Area Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu yang akan menjadi tempat upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dibersihkan. (Foto: Diskominfo)
BATANG (SUARABARU.ID) – Menjelang upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila puluhan anggota TNI/Polri dibantu organisasi kemasyarakatan Senkom yang merupakan mitra dari Polri melaksanakan bakti sosial membersihkan area Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu.
Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Batang, Ipda Ali Sodikin mengatakan, bakti sosial ini dilakukan agar lingkungan lebih tertata sekaligus mempersiapkan puncak peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang terpusat di TMP Kadilangu.
“Rencananya besok akan digelar Gebyar Kirab Merah Putih dari 4 penjuru yakni Makam Syeikh Tholabuddin Masin, Makam Habib Umar bin Syeikh Ibrahim Kalisalak Limpung, Wonobodro dan Ujungnegoro yang diikuti 4 ribu lebih peserta dengan berjalan kaki,” katanya, usai membersihkan Kompleks TMP Kadilangu, Kabupaten Batang, Sabtu (30/9/2023).
Tak hanya membersihkan Kompleks TMP Kadilangu, sejumlah anggota Organisasi Kemasyarakatan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (FKPPI) pun berpartisipasi menyambut jelang peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar bakti sosial pemeriksaan kesehatan bagi warga kurang mampu.
Ketua FKPPI Batang Bekti Mastiaji mengatakan, bakti sosial ini sebagai wujud napak tilas semangat kepahlawanan terutama atas pengorbanan para pahlawan revolusi dalam mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.
“Generasi muda tidak boleh lupa dengan pengorbanan pahlawan revolusi, karena sudah menjadi karakter bangsa Indonesia, yang menghormati dan meneladani semangat perjuangan mereka,” tegasnya.
Ia menerangkan, salah satu pemeriksaan kesehatan yang sangat penting dengan melakukan deteksi dini terhadap penyumbatan pembuluh darah dalam tubuh. “Tindakan ini merupakan langkah awal untuk mengetahui apakah dalam tubuhnya ada indikasi penyakit stroke dan ragam penyakit dalam lainnya,” ujar dia.
Nur Muktiadi