blank
Para peserta Bank Jateng Friendship Run mengambil race pack (perlengkapan lomba) di Hotel Amaris Palembang. Foto: Dok/Tim BJFR

PALEMBANG (SUARABARU.ID) – Ajang lari Bank Jateng Friendship Run (BJFR) akhinya menyapa pada kota terakhir di Palembang, Sumatera Selatan, pada Minggu (1/10/2023) pagi besok bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila.

BJFR sendiri akan mengambil start dan finish di halaman Gedung Kantor DPRD Sumatera Selatan.

Event lari sebagai kampanye Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng itu kembali menghadirkan 1.000 pelari yang berasal dari Palembang dan sekitarnya. Sama seperti perhelatan di sembilan kota sebelumnya, BJFR besok pagi diprediksikan mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An menyatakan rasa syukurnya, event BJFR memasuki seri ke-10 atau terakhir di Palembang, setelah sukses diadakan di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, dan Medan.

”Terima kasih atas segala apresiasi yang diberikan untuk Friendship Run dalam menyongsong Borobudur Marathon. Palembang sebagai kota terakhir, dipilih karena memiliki spirit di dunia lari. Sejumlah runner lahir di Bumi Sriwijaya, diantaranya Jauhari Johan,” kata Liem di Palembang, Sabtu (30/9/2023).

Liem Chie An optimistis, antusiasme masyarakat Palembang dalam menyambut BJFR Minggu besok. Kuota 1.000 pelari untuk acara ini, sudah terpenuhi jauh-jauh hari.

blank
Para peserta Bank Jateng Friendship Run mengambil race pack (perlengkapan lomba) di Hotel Amaris Palembang. Foto: Dok/Tim BJFR

Pada gelaran BJFR ini, pihaknya kembali mengusung kuliner khas Magelang yang siap memanjakan peserta lari. Adapun menu yang siap dsajikan meliputi kupat tahu Yu Nah, nasio goreng Magelangan ”Handayani”, tempe mendoan jumbo, dan D’lizfiood Borobudur.

Peluncuran Merchandise

Di bagian lain, Event Communications Officer, Ahmad Rifai, menjelaskan, BJFR di Palembang disambut antusias oleh sejumlah komunitas lari di kota itu. Berbagai komunitas lari akan meramaikan ajang ini, diantaranya Pusri Runners, KAI Runners, Pertamina Runners, Dr Runners, Musi Runners, Palembang Runners, dan Teman Lari.

Peserta akan berlari sepanjang 5 kilometer melintasi pusat Kota Palembang. Beberapa ruas jalan yang dilalui adalah Jalan POM IX, Sumpah Pemuda, Angkatan 45, Kapten Rifai, dan kembali lagi ke halaman kantor DPRD Sumsel.

Selain itu, lanjut Rifai, akan ada parade jersey BJFR yang digunakan di 10 kota, dan peluncuran merchandise Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang berkolaborasi dengan Aspro dan Mizuno. Merchandise itu berupa jersey yang bisa menjadi cendera mata kegiatan Borobudur Marathon 2023.

Ning S