blank
pameran inovasi pertanian, yang digelar PDIP di JIExpo Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023)

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah Periode 2013-2023, yang juga Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI 2024, Ganjar Pranowo, meninjau pameran inovasi pertanian, yang digelar PDIP di JIExpo Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023).

Didampingi Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, Ganjar berkeliling melihat beragam produk pertanian unggulan, dan inovasi di bidang pertanian.

Misalnya, saat dia melihat ada drone yang dibuat khusus untuk penyemprotan dan pemupukan. Ganjar cukup antusias bertanya, terkait cara kerja dan fungsi alat itu. Dia juga cukup terkesan dengan alat pembuatan pupuk organik, yang dirasa sangat bermanfaat untuk petani.

BACA JUGA: Kedaulatan Pangan Jadi Impian Megawati, Jokowi dan Ganjar Pranowo

blank
Usai menyaksikan pameran inovasi pertanian, yang digelar PDIP di JIExpo Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023), Ganjar diwawancarai sejumlah awak media. Foto: tmgp

”Banyak inovasi yang ditampilkan di sini. Yang menarik ada drone, inovasi untuk modernisasi pertanian kita. Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mulai banyak. Dan ini wajib kita pertemukan dengan industri, agar inovasi ini bisa berjalan,” kata Ganjar.

Ada juga alat mekanisasi pertanian lain yang dikembangkan BRIN, Kementerian Pertanian, dan sejumlah perusahaan untuk sektor pertanian Tanah Air yang dipamerkan dalam acara itu.

”Melihat ini kita jadi yakin, kedaulatan pangan bisa kita wujudkan. Inovasi dan mekanisasi pertanian ini mesti kita dorong terus, demi terwujudnya cita-cita itu,” jelasnya.

BACA JUGA: Dukung Perekonomian Indonesia, Pegadaian Raih Penghargaan Indonesia Best BUMN Awards 2023

Ada juga sekolah iklim, yang kini sedang dikembangkan. Sekolah iklim menurut Ganjar sangat penting, untuk suksesi pertanian di Indonesia.

”Banyak sekali inovasi dunia pertanian yang sudah ada. Tinggal terus kita dorong dan berikan pelatihan pada petani, agar memanfaatkan inovasi dan mekanisasi pertanian ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, PDIP menggelar Rakernas IV di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Jumat (29/9/2023). Dalam acara itu, digelar juga Pameran Pangan Plus 2023. Pameran berisi aneka produk pangan karya anak bangsa, hingga inovasi dan alat mekanisasi pertanian modern Tanah Air.

Riyan