Ganjar menunjuk pada spanduk yang bertuliskan Carwash Tuna Rungu Indonesia, tempat dia mencucikan mobilnya. Foto: tmgp

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDIP 2024, Ganjar Pranowo, Kamis (28/9/2023) siang mencuci mobilnya, namun bukan di tempat cuci mobil premium. Kali ini Ganjar memilih mencuci mobilnya di Badan Usaha Unit Mandiri (Bumi) Pospera Jakarta.

Sebab, di tempat itu semua pekerjanya adalah penyandang disabilitas. Mereka berasal dari Komunitas Disabilitas Tuna Rungu Indonesia.

Ganjar tiba di Bumi Pospera sekitar pukul 11.00 WIB. Begitu datang, dia langsung disambut antusias puluhan penyandang disabilitas yang ada di tempat itu. Mereka berebut menyambut kedatangan Ganjar, untuk bersalaman dan berfoto bersama.

BACA JUGA: Rahima Carissa Kurniasukma Raih Prestasi Tingkat Dunia Karya Ilmiah Remaja

”Selamat datang Pak Ganjar, kami dari komunitas disabilitas tuna rungu yang bekerja di unit usaha mandiri Pospera. Ada cuci mobil Pak. Bapak mau mobilnya kami cucikan?” sapa Reza Fahmi (40), menggunakan bahasa isyarat kepada Ganjar, dibantu seorang penerjemah.

Ganjar dengan senang hati mempersilakan mobilnya dicuci. Sebab, dia sengaja datang untuk mencucikan mobilnya.

”Silakan Pak, saya memang ingin cuci mobil di sini, sambil melihat aktivitas teman-teman penyandang disabilitas yang bekerja,” tutur Ganjar.

BACA JUGA: Gelar Santri Fest 2023 di Pusat Perfilman Usmar Ismail, PP IPNU Rayakan Semangat Santri

Reza pun langsung mengambil kunci mobil Ganjar, dan memarkirkannya di tempat cucian. Beberapa penyandang disabilitas langsung bekerja tanpa dikomando, mencuci mobil Ganjar dengan penuh semangat. Satu di antaranya Rifki, yang mengaku sangat senang dan bangga bisa mencuci mobil Ganjar.

”Mereka itu semuanya teman-teman disabilitas tuna rungu. Meski mereka difabel, tapi mereka bisa bekerja dengan baik dan terampil. Sama dengan orang normal lainnya,” jelas Novita, seorang penyandang disabilitas lain kepada Ganjar menggunakan bahasa isyarat.

Gubernur Jawa Tengah Periode 2013-2023 itu pun tersenyum bangga, melihat para penyandang disabilitas ini bekerja. Mereka mencuci mobil Ganjar dengan baik dan terampil. Tak terlihat mereka memiliki keterbatasan.

BACA JUGA: Atlet Pacitan Peraih Medali Porprov Menerima Bonus

Menggunakan bahasa isyarat, Ganjar mencoba berkomunikasi dengan beberapa penyandang disabilitas tuna rungu. Foto: tmgp

”Ini keren lho, mereka semua terampil dan bekerja dengan baik. Panjenengan top. Ayo buat masyarakat yang mau cuci mobil, datang saja ke sini. Dijamin puas,” ucap Ganjar, sambil mengacungkan dua jempolnya.

Selain cuci mobil, di tempat itu ada banyak unit usaha lain yang dikelola para penyandang disabilitas tuna rungu. Di antaranya bengkel mobil, salon mobil dan kedai kopi.

Ganjar pun sempat ngopi di tempat itu, dan ngobrol dengan mereka. Sejumlah masukan dan harapan disampaikan kepada Ganjar dalam kesempatan itu.

BACA JUGA: Pegadaian Borong 5 Penghargaan di Ajang The Best Contact Center Indonesia 2023

Usai acara, Ganjar menyampaikan, sangat mengapresiasi Bumi Pospera yang memberikan pelatihan dan pendampingan pada penyandang disabilitas. Meski tuna rungu, namun pelayanan dan hasil pekerjaan mereka sangat memuaskan.

”Ini keren, mereka semua bekerja dengan semangat, dan hasilnya tidak kalah dengan orang normal lainnya. Jadi jangan ada lagi stigma negatif pada mereka, karena di sini mereka telah membuktikan bahwa mereka setara,” pungkasnya.

Riyan