Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kedua dari kiri) menerima kenang-kenangan saat menghadiri HUT Ke-16 Kompact yang digelar kaum perantau asal Pacitan di Tangerang, Banten.(Dok.Prokopim Pacitan)

TANGERANG (SUARABARU.ID) – Para perantau di Tangerang, Provinsi Banten, diminta ikut mempromosikan potensi Pacitan, Jatim. Permintaan ini, disampaikan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, takala menghadiri HUT Ke-16  Kompact Tangerang.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, HUT Ke-16 komunitas perantau (Kaum Boro) Tangerang asal Pacitan tersebut, digelar Minggu (24/9). Banyak masyarakat asal Kabupaten Pacitan, Jatim, yang menjalani hidup di perantauan. Mereka tersebar di banyak daerah di Indonesia, bahkan ada yang di luar negeri.

Banyaknya diaspora Pacitan tersebut, merupakan potensi luar biasa untuk membangun dan mengenalkan Kabupaten Pacitan. Menurut Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), Kabupaten Pacitan memiliki potensi luar biasa untuk diperkenalkan ke luar.

Kata Bupati, potensi Pacitan meliputi keindahan alam, pariwisata, seni budaya dan lain sebagainya. Dengan promosi yang gencar, tambah Bupati, maka akan menarik orang luar berkunjung ke Pacitan. ”Sehingga roda ekonomi Pacitan bisa bertumbuh,” jelasnya.

”Saya minta warga Pacitan di perantauan untuk ikut mempromosikan Pacitan, dengan cara sering mengangkat di media sosial misalnya,” kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji.

Beragam Event

Menurut Bagian Prokopim Pacitan, Kabupaten Pacitan yang terletak di selatan Jawa Timur ini, terus berbenah. Bukan lagi menjadi kota kecil yang sepi, namun mulai bergeliat bangkit. Bahkan, di era kepemimpinan Mas Aji mulai banyak bermunculan beragam event wisata. Tercatat di Bulan Agustus 2023 lalu, ada 1.700-an event seni budaya di Pacitan. Hal tersebut memberi dampak yang besar bagi pertumbuhan seni budaya dan perekonomian masyarakat.

HUT Ke-16 Komunitas Pacitan (Kompact) di Tangerang, turut dihadiri sesepuh warga Pacitan yang juga Ketua Paguyuban Warga Pacitan (PWP) Pusat, Sudibyo Ali Muso. Juga turut bergabung lintas paguyuban warga Pacitan di perantauan, khususnya di wilayah Jakarta dan Tangerang.

Kompact, merupakan ‘rumah’ bagi warga Pacitan di perantauan. Kegiatan Kompact, melakukan sosial kemasyarakatan dan seni budaya.

”Di wilayah Tangerang ini sangat banyak warga Pacitan. Melalui momen ini, kami harapkan terjalin komunikasi dan silaturahmi. Ini sesuai tema Ngumpulke Balung Pisah,”  Kata Ketua Kompact Tangerang, Edi Sunarto

Turut mendampingi Bupati Indrata Nur Bayuaji di acara HUT Ke-16 Kompact Tangerang, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Pacitan, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Perikanan serta Kabid Promosi Disparbudpora.

Bambang Pur