blank
Program KAI mengajar dengan tema “KAI Memberi Persepsi, Daop 4 Menginspirasi” di SMK Negeri 7 Semarang. Foto: Dok/KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang menggelar Program KAI Mengajar dengan tema “KAI Memberi Persepsi, Daop 4 Menginspirasi” yang dilaksanakan di SMK Negeri 7 Semarang, Senin (25/9/2023).

Diikuti oleh 535 siswa, para siswa diberikan materi terkait profesi yang ada di KAI, pengembangan diri, sharing session oleh pegawai alumni SMK Negeri 7 Semarang, sosialisasi keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, serta sosialisasi terkait sosial media dan promosi KAI.

Kepala KAI Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo menyampaikan, program KAI Mengajar merupakan bentuk kepedulian KAI dalam bidang pendidikan, guna memberikan manfaat dan edukasi kepada para pelajar di Indonesia, khususnya di wilayah KAI Daop 4 Semarang menyambut HUT KA ke-78 tepatnya pada Kamis 28 September 2023.

Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Semarang, Luluk Wibowo menyambut baik dilaksakannya kegiatan ini. “Karena dalam kesempatan ini, para siswa mendapatkan penjelasan secara langsung apa yang ada di KAI kaitannya dengan profesi dan peluang kerja, yang diharapkan dapat memberikan bekal wawasan seluruh siswa dalam dunia kerja mendatang,” jelas Luluk.

Dalam pemberian materi, para siswa dikenalkan berbagai profesi yang ada di KAI seperti Ticketing Officer, Petugas Boarding, Dokter, Teknisi Kereta Api (TKA), Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA), Kondektur, Masinis, Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), Pramugari Kereta Api, Petugas Jalan Lintasan (PJL), serta Petugas Perawatan Prasarana yang meliputi perawatan Sintelis (Sinyal, Telekomunikasi dan Listrik) dan JJ (Jalan Rel dan Jembatan).

Selain itu, juga diberikan sosialisasi terkait keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api. Pada kesempatan tersebut, KAI memberikan sosialisasi tentang larangan pelemparan batu terhadap KA, bahaya sabotase, bermain di jalur KA serta tertib berlalu lintas saat melewati perlintasan sebidang.

Untuk memberikan semangat, para siswa juga dihibur dengan pertunjukan flash mob oleh para petugas frontliner KAI dengan latar musik jingle Daop 4 Mengajar yang spesial dibawakan oleh Music on Train (MOT) yang merupakan band binaan dari KAI Daop 4 Semarang.

Diharapkan melalui Program KAI Mengajar ini, dapat memberikan inspirasi dalam mempersiapkan para generasi muda untuk menghadapi dunia kerja ke depan.

Ning S