Hartopo dan isteri saat menaiki vespa meninggalkan pendapa Kabupaten Kudus. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – SK penunjukkan Penjabat (Pj) Bupati Kudus pengganti Hartopo, Sabtu (23/9) resmi turun. Proses pelantikan Pj Bupati Kudus tersebut bakal digelar Minggu (24/9).

Pj Sekda Kudus Revlisianto Subekti saat dikonfirmasi membenarkan mengenai telah turunnya SK tersebut. Saat dihubungi Suarabaru.id, Revli mengaku tengah berada si Jakarta untuk menerima SK Pj Bupati Kudus dari Kementerian Dalam Negeri.

“Iya, ini saya baru di Jakarta barusan menerima salinan SK,”kata Revli, Sabtu (23/9).

Meski demikian, Revli enggan membeberkan siapa nama Pj Bupati Kudus yang ditunjuk oleh Kemendagri.

“Instruksinya dari Protokoler Provinsi seperti itu, pengumumannya saat pelantikan,”ujarnya.

Menurut Revli, proses pelantikan Pj Bupati akan dilaksanakan Minggu (24/9) di kantor Pemprov Jateng. Sementara, prosesi sertijab akan dilakukan di Kudus sehari berikutnya.

Meski belum diumumkan secara resmi, namun informasi yang berkembang, nama Bergas Catursasi Penanggungan disebut sebagai kandidat terkuat Pj Bupati Kudus.

Bergas adalah Kepala BPBD Provinsi Jateng yang sebelumnya pernah menduduki beberapa posisi kepala dinas di Kudus.

Nama Bergas juga merupakan salah satu dari tiga nama calon Pj Bupati Kudus yang diusulkan oleh DPRD Kudus.

Sementara, di hari terakhir masa jabatannya, Bupati Kudus HM Hartopo berkesempatan memimpin Apel peringatan Hari Jadi Kudus ke-474 di Alun-alun Simpang Tujuh, Sabtu (23/9).

Apel tersebut juga menjadi ajang perpisahan Hartopo dengan para pejabat pimpinan OPD dan masyarakat.

Usai memimpin Apel, Hartopo yang didampingi isteri secara resmi meninggalkan pendapa Kabupaten untuk bertolak menuju rumahnya di Perum Muria Indah, Gondangmanis, Bae.

Kepulangan Hartopo ini diiringi konvoi komunitas vespa. Bahkan Hartopo dan isterinya pun berboncengan naik vespa bersama Ketua DPRD Kudus Masan dan para pimpinan Forkopimda.

Ali Bustomi