Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyerahkan bantuan kepada korban lakalantas truk terguling di Balai Desa Argosari, Kecamatan Ayah, Jumat 22/9.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati kebumen Arif Sugiyanto menyerahkan tali asih kepada para korban kecelakaan truk guling di tanjakan Logending – Kalipoh Kecamatan Ayah.

Penyerahan bantuan berlangusng di Balai Desa Argosari, Kecamatan Ayah, pada Jumat (22/9). Acara dihadiri Asisten I Sekda R Agung Pambudi, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dwi Suliyanto, Kepala DPUPR  Joni Hernawan, Kepala Dinas Perhubungan dan Kawasan Permukiman Slamet Mustolkah serta Pengurus Baznas Ahmad Sahli Syam.

Pada  kesempatan tersebut Bupati memberikan bantuan berupa uang penyelesaian biaya pengobatan di rumah sakit yang bersumber dari BAZNAS Kebumen, serta bantuan sembako dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kebumen, bagi 47 korban.

“Hari ini Alhamdulillah kita bisa bertemu dengan para korban kecelakaan truk engkel di tanjakan, Kalipoh, Ayah. Kita berikan sembako dan uang untuk biaya pengobatan rumah sakit, semoga bisa meringankan beban mereka,”ujar Arif Sugiyanto.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi para pejabat Pemkab Kebumen di Balai Desa Argosari, Kecamatan Ayah, Jumat 22/9.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

Menurut Bupati, pihaknya juga akan memberikan bantuan uang Rp 25 juta rupiah untuk biaya doa bersama guna mendoakan korban meninggal dunia di hari ke- 40 nanti.”Uang Rp 25 juta nantinya digunakan untuk acara doa bersama di hari ke- 40 nanti,” ucapnya.

Berharap Korban Segera Pulih

Bupati berharap dengan bantuan ini, para korban selamat bisa segera pulih. Ke depan  Pemkab berencana akan memperbaiki infrastruktur jalan berupa pelebaran jalan serta menambah lampu penerangan jalan agar peristiwa kecelakaan tersebut tidak terulang kembali.

Bupati berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah dengan cepat menangani korban kecelakaan truk guling tersebut “Semoga kebaikan semua orang yang membantu dalam penanganan kecelakaan ini mendapat keberkahan,” sambungnya.

Kepala Desa Argosari, Ayah Jais, mewakili warganya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Ia berharap bantuan tersebut bisa membantu meringankan beban para korban yang ada di desa Argosari.

Diketahui sebelumnya telah terjadi kasus kecelakaan truk pembawa orang terguling yang menyebabkan 5 orang meninggal dunia di Desa/Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, sekitar pukul 19.30 WIB, pada Rabu 30 Agustus 2023 lalu.

Kecelakaan nahas itu menimpa truk engkel bak terbuka yang membawa rombongan warga Desa Argosari, dikemudikan oleh inisial KH (37) warga Desa Argosari, Kecamatan Ayah. Kecelakaan terjadi sepulang dari menjenguk isteri Kades Argosari yang dirawat di PKU Muhammadiyah Gombong.

Di tengah perjalanan, tepatnya di tanjakan Jalan Logending-Kalipoh masuk Desa/Kecamatan Ayah, truk dengan  penumpang penuh berhenti tidak kuat menanjak. Lalu truk tidak bisa dikendalikan oleh sopir sehingga berjalan mundur dan oleng masuk jurang, menyebabkan enam orang meninggal dan puluhan luka-luka.

Komper Wardopo