blank
Penyerang sayap PSIS, Gali Freitas, mencoba melepaskan diri dari kawalan dua pemain belakang Barito Putera. Foto: mopsis

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Juru taktik PSIS (Semarang), Gilbert Agius mengaku senang, mampu memenangkan laga ketat melawan Barito Putera dengan skor 1-0, pada lanjutan kompetisi BRI Liga 1, yang digelar di Stadion Jatidiri Semarang, Jumat (22/9/2023).

Satu-satunya gol yang dihasilkan tim berjuluk Mahesa Jenar itu dicetak Carlos Fortes menit 75. Penyerang asal Portugal itu menyelesaikan umpan Vitinho, usai melakukan akselerasi di sisi kanan pertahanan lawan.

”Kami sangat senang dengan hasil ini. Para pemain mampu menampilkan performa yang luar biasa. Kemenangan ini juga spesial, karena lawan kami adalah klub yang juga bagus,” kata Gilbert di sesi jumpa pers usai laga.

BACA JUGA: Warga Kudus Gelar Syukuran 474 Tumpeng di Malam Terakhir Kepemimpinan Bupati Hartopo

blank
Gilbert Agius (kiri) bersama Carlos Fortes saat hadir di acara jumpa pers, yang digelar usai laga. Foto: riyan

Menurut dia, tim asuhan Rachmad Darmawan itu memulai kompetisi dengan sangat baik, dan mereka punya komposisi pemain yang kuat.

”Namun kami mampu bermain kompak, meski di beberapa momen gawang kita juga nyaris kebobolan. Penampilan penjaga gawang kami (Muhammad Rizky Darmawan-red) juga bagus, dia bisa menyelamatkan beberapa peluang yang didapat lawan,” pujinya.

Sementara itu, pelatih Barito Putera, Rachmad Darmawan menyebutkan, skema laga yang diterapkan kedua tim hampir sama. Pemain menunggu di sepertiga lapangan tengah, dan kemudian mencoba merebut bola lalu melakukan serangan.

BACA JUGA: Tim PKM USM Beri Penyuluhan Hukum di SMA IT Harapan Bunda Semarang

Coach RD sapaan akrabnya menambahkan, pada beberapa momen para pemainnya terpancing untuk melakukan serangan, yang mengakibatkan kosongnya sebagian pertahanan di lini belakang.

”Kami terpancing untuk segera melakukan serangan, yang mengakibatkan lubang di sisi pertahanan, sehingga PSIS mampu mencetak gol,” ungkap dia.

Dengan hasil ini, posisi Barito Putera yang semula ada di urutan keempat klasemen sementara, digeser PSIS yang naik satu tingkat dari posisi kelima. Dari 13 laga yang telah dimainkan, PSIS kini mengoleksi 21 poin, dan Barito Putera 20 poin.

Riyan