Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Jepara saat aksi bersihkan sungai

JEPARA (SUARABARU.ID)  – Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Jepara menunjukkan komitmennya terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat dengan aktif terlibat dalam kegiatan bersih sungai sepanjang dukuh Pekoso Rw. 3, Desa Tempur, Kecamatan Keling. Aksi bersih sungai ini merupakan langkah nyata dalam mendukung budaya masyarakat hidup bersih.

Kegiatan bersih sungai yang berlangsung pada 22 September 2023 ini melibatkan anggota HAKLI Jepara, masyarakat setempat, dan pihak terkait. Mereka bekerja keras membersihkan sungai dari sampah plastik dan limbah lainnya, dengan tujuan menjaga kebersihan lingkungan sekaligus meningkatkan kualitas air sungai.

Ketua HAKLI Jepara, Agus Nurcahyo, S.KM,  menyampaikan rasa bangganya terhadap partisipasi aktif anggota HAKLI dan masyarakat dalam kegiatan ini. “Kami berkomitmen untuk tidak hanya menjadi pengamat masalah lingkungan, tetapi juga bagian dari solusinya. Aksi bersih sungai ini adalah bukti konkret dari komitmen kami untuk mendukung Masyarakat Hidup Bersih,” ujarnya.

Lebih lanjut, Agus Nurcahyo menambahkan, lingkungan yang bersih dan sehat adalah hak setiap individu. “Melalui kolaborasi seperti ini, kami berusaha memberikan dampak positif pada lingkungan dan memberi teladan kepada masyarakat. Semoga aksi ini dapat memotivasi lebih banyak orang untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan,” tambahnya

Aksi bersih sungai ini juga mendapat apresiasi tinggi dari warga sekitar, yang merasa terdorong untuk ikut serta dalam usaha pelestarian lingkungan. Semakin banyak individu dan kelompok yang terlibat, semakin besar harapan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Kegiatan ini mencerminkan semangat gotong royong dan kesadaran lingkungan yang semakin berkembang di masyarakat. Diharapkan, upaya bersama seperti ini akan terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mendukung Masyarakat Hidup Bersih.

Hadepe -Asrori