Pemandangan indah perbukitan hijau Bukit Cendana yang menyegarkan hati dan jiwa pengunjung. Foto: Aninda

REMBANG (SUARABARU.ID) – Bagi kalian yang ingin mencari kedamaian dan ketenangan, wisata alam Bukit Cendana adalah tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan alam yang eksotis sebagai salah satu surga penyegaran jiwa.

Letaknya yang tersembunyi di balik pepohonan serta udaranya yang segar, tempat tersebut dijadikan destinasi ideal terkhusus kaum penikmat suasana sunyi dan keindahan alam yang memukau.

Bukit Cendana hadir sebagai destinasi wisata bagi mereka yang ingin menikmati kedamaian yang jauh dari keramaian. Tempat tersebut dapat memancarkan ketenangan yang luar biasa, memberikan nuansa seolah–olah bisa menyatu dengan alam.

Bukit Cendana terletak di Desa Candimulyo, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang. Dari pusat Kota Rembang memerlukan waktu tempuh kurang lebih 40 menit.

Perjalanan menuju Bukit Cendana cukup mudah. Anda dapat menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jika anda berada di Kota Rembang, anda dapat menuju Jalan Kragan–Rembang–Surabaya, lalu menuju jalan ke Kecamatan Pamotan. Lalu, menuju ke jalur Lasem–Sale.

Wisatawan yang berkunjung ke Bukit Cendana tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Akan tetapi, wisatawan hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. Untuk parkir sepeda motor hanya Rp 2.000 dan untuk parkir mobil hanya Rp 5.000. Terbilang murah bukan?

Cendana Cafe, sarana amenitas di Bukit Cendana. Foto: Aninda

Bukit Cendana berada di ketinggian 560 meter di atas permukaan laut. Sehingga deretan pegunungan Gunung Mencu dan Gunung Argopuro sangat terlihat.

Jalan setapak yang dilalui untuk sampai ke puncak cukup landai. Untuk mencapai puncak wisatawan harus berjalan kurang lebih kisaran satu kilometer.

Objek wisata tersebut buka 24 jam. Meskipun berada di atas bukit, bukit cendana tak kalah dalam memberikan pelayanan dan fasilitas.

Fasilitas yang memadai antara lain tempat parkir, café, camping round, musholla, vila, flying fox, live music, dan spot foto yang instagramable.

Untuk fasilitas flying fox, anda hanya merogoh koceh Rp 10.000. Sedangkan untuk penyewaan tenda hanya membayar Rp 60.000. Jika anda membawa tenda sendiri, cukup membayar tempat sewa Rp 10.000. Terbilang murah bukan?

Tak hanya itu, berbagai jenis makanan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat telah disiapkan pengelola. Yang menarik, bahan makanan yang digunakan berasal dari perkebunan lokal.

Lokasinya yang berada di pedesaan, membuat tempat ini cocok buat wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati liburan dengan suasana alam yang asri.

Selain itu, wisatawan dapat menikmati view Gunung Lasem di sebelah utara dan keindahan pantai yang membentang dari Sluke sampai Sarang.

Saat malam hari, wisatawan akan disuguhkan dengan penampilan live music serta pemandangan kerlap–kerlip lampu yang cukup cantik. Sambil bersantai, wisatawan dapat membeli makanan dan minuman di café. Harganya juga terbilang murah, loh.

Bukti Cendana merupakan bukti nyata bahwa keindahan dan ketenangan alam memberikan penyegaran bagi jiwa yang lelah.

Bagi anda yang merindukan ketenangan dan kealamiahan, objek wisata ini adalah pilihan yang tepat untuk melepaskan penat dan merasakan kedamaian dengan suasana yang menawan.

Lingkungannya yang masih alami anda dapat menikmati view yang indah, udara yang sejuk, serta merasakan suasana tentram yang langka di zaman modern.

Aninda Eka Rahayu