blank
UKSW Kerja Sama dengan Universitas Satya Terra Bhinneka Siapkan Mahasiswa Hadapi Era Bisnis Digital 5.0. Foto: Humas UKSW

SALATIGA (SUARABARU) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) sepakat menjalin kerja sama dengan Universitas Satya Terra (ST) Bhinneka, Medan, Sumatera Utara.

Jalinan kerja sama ini tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS), Senin (18/09/2023) di ruang Auditorium Ds. S. Djojodihardjo, Fakultas Teknologi Informasi (FTI).

Baik MoU dan PKS memuat kerja sama dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi. MoU antara UKSW dan Universitas ST Bhinneka ditandatangani oleh Dr. Teguh Wahyono, S.Kom., M.Cs., dan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja sama dan Alumni Dorothy Ferary, B.A., M.Sc., FHEA., Ph.D (cand).

Dalam MoU yang tertulis, kerja sama ini meliputi antara lain penelitian, penerbitan dan publikasi karya ilmiah bersama, kolaborasi penyelenggaraan workshop, seminar nasional dan internasional, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) masing-masing.

Selain penandatanganan MoU, dilakukan juga penandatanganan PKS antara FTI UKSW dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas ST Bhinneka. Dalam hal ini, PKS ditandatangani oleh Dekan FTI Prof. Ir. Daniel H.F. Manongga, M.Sc., Ph.D, dan Dekan FEB Universitas ST Bhinneka Hidayatna Putri, S.E., M.Si.

Adapun yang menjadi lingkup PKS antara lain, partisipasi dalam matching fund penelitian, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), penyelenggaraan dosen tamu, workshop, dan seminar bersama, serta pengembangan tata kelola laboratorium dan sistem praktikum.

Cara menjadi unggul

Dalam kesempatan yang sama, sebagai implementasi dari kerja sama keduanya, Program Studi (Prodi) Bisnis Digital (BD) menggelar Seminar bertajuk “Dunia Bisnis dalam Digital”. Dalam seminar ini, dihadirkan dua narasumber yaitu Dosen S1 BD Dr. Teguh Wahyono, dan Dosen S1 BD Universitas ST Bhinneka Hidayatna Putri, S.E., M.Si.

Seminar yang dilakukan secara hybrid ini dihadiri oleh sedikitnya 300 mahasiswa yang hadir secara luring, dan 200 mahasiswa yang hadir secara daring melalui zoom meeting. Bukan hanya dari Prodi BD saja, mahasiswa prodi lain di FTI, dan fakultas lain, serta mahasiswa Universitas ST Bhinneka juga mengikuti kegiatan ini.

Kepala Program Studi (Kaprodi) S1 Bisnis Digital Penidas Fiodinggo, S.Kom., M.Cs., menuturkan bahwa seminar ini menjadi salah satu rangkaian untuk menyongsong Dies Natalis ke-20 FTI.

Diungkapkannya, seminar ini bertujuan untuk melengkapi mahasiswa dengan pandangan teknis yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis ataupun penelitian.

Sementara itu, Prof. Ir. Daniel H.F. Manongga dalam sambutannya, mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya seminar ini. Ia juga mengungkapkan pentingnya digitalisasi dalam era bisnis digital 5.0. “Dalam era ini, kalau mau unggul harus kreatif dan inovatif. Lakukan inovasi dan terobosan baru, kritis terhadap perkembangan, ambil manfaat dan dayagunakan itu,” imbuhnya.

Kembangkan potensi

Dalam sesi seminar, Dr. Teguh Wahyono menyatakan bahwa bisnis digital merupakan hal yang penting karena masyarakat saat ini telah hidup di era digital. Ia menyebut beberapa manfaat digitalisasi jika dilakukan dalam bisnis antara lain pengembangan pasar, pangsa pasar menjadi lebih luas, serta kedekatan dengan konsumen.