blank
Para peresonel Polri di jajaran Polres Wonogiri, mengikuti TKJ di Stadion Pringgondani Wonokarto, Wonogiri. TKJ digelar selama 3 hari dan berakhir Rabu (20/9) lusa.(Dok.Humas Polres Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri, Senin (18/9), menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di Stadion Pringgondani Wonokarto, Wonogiri. TKJ diikuti oleh seluruh personel Bhayangkara dan jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Polres Wonogiri.
Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, pelaksanaan TKJ dipimpin langsung oleh Kabag SDM Polres Wonogiri, Kompol Prawito. Agar kegiatan TKJ tidak mengganggu pelayanan masyarakat, teknis pelaksanaannya dibagi menjadi tiga gelombang. Gelombang pertama digelar Senin (18/9), gelombang kedua hari Selasa besok (19/9) dan gelombang ketiga Rabu lusa (20/9).Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, menyatakan, kondisi tubuh anggota Polri harus sehat dan ideal. Melalui kegiatan TKJ ini, dapat diketahui sejauh mana derajat kesamaptaan kondisi fisik dan kesehatan para personil. TKJ ini akan menjadi tolok ukur, dan akan dilakukan setiap enam bulan sekali.

Kata Kapolres, TKJ merupakan salah satu faktor pendukung pengembangan karir personil Polri. ”Dengan TKJ berkala, harapannya dapat menjaga kesehatan dan kebugaran anggota. Sehingga kesiapsiagaan anggota dalam melaksanakan tugas dapat terjaga,” tegas Kapolres.

Hasil TKJ antara lain dapat digunakan untuk persyaratan pengusulan kenaikan pangkat dan pendidikan pengembangan (Dikbang) bagi anggota Polri. Nilai TKJ sangat berpengaruh bagi karir personel kepolisian di masa yang akan datang.

Dengan TKJ, dapat dilihat sejauh mana kondisi kesehatan insan Bhayangkara. Sebelum TKJ dilaksanakan, lebih dulu dilakukan pengecekan kesehatan oleh Tim Medis dari Urkes Polres Wonogiri.

Para personel yang menjalani TKJ, masing-masing akan dinilai kemampuan larinya selama 12 menit, push up, sit up, puul up, serta shuttle run 3 kali putaran.
Bambang Pur