blank
Kehadiran Ganjar Pranowo di Kampus UI saat memberikan Kuliah Kebangsaan di Fakultas FISIP, disambut dengan iringan musik dan nyanyian yang merupakan chant FISIP UI. Foto: tmgp

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Kehadiran Ganjar Pranowo di Universitas Indonesia (UI), Depok, Jakarta, Senin (18/9/2023), disambut gegap gempita sejumlah mahasiswa yang khas dengan jaket kuningnya itu.

Ratusan mahasiswa menyambut Ganjar dengan bernyanyi, diiringi musik drum layaknya suporter sepak bola menyemangati tim favoritnya. Nyanyian chant Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI dan lagu ‘Terima kasih Ganjar Pranowo‘, langsung menggema mengiringi langkah Ganjar, saat tiba di kampus itu.

Suasana heboh juga terjadi di dalam Balairung Purnomo Prawiro, tempat dilangsungkan acara kuliah umum. Di tempat itu, ratusan mahasiswa dan dosen langsung berebut mengerumuni Ganjar, menyambut kedatangannya.

BACA JUGA: Tiga Pondasi Harus Dikerjakan Bekal Indonesia Jadi Negara Maju

Ganjar pun dengan ramah melayani para mahasiswa dan akademisi UI yang hadir di tempat itu, untuk berfoto dan bersalaman. Sesekali dia menyilangkan ibu jari dan telunjuknya, membentuk simbol love atau cinta, ala artis K-Pop.

”Makasih ya, saya kalau ke sini serasa pulang ke rumah sendiri. Kenangan dulu kuliah di sini terbuka kembali. I Love You Full,” ucap Ganjar, sambil mengacungkan simbol cinta di tangan, dan disambut histeris para mahasiswi.

Antusiasme mahasiswa dan dosen UI juga begitu terlihat, saat Ganjar menyampaikan materi dalam acara Kuliah Kebangsaan itu. Berulang kali gemuruh tepuk tangan terdengar, saat para mahasiswa mengapresiasi ide dan gagasan Ganjar dalam memajukan Indonesia.

BACA JUGA: Menuju Indonesia Emas Masyarakat Harus Makmur, Sehat, Pintar dan Produktif

blank
Usai acara Kuliah Kebangsaan, sejumlah mahasiswa berebut untuk melakukan swafoto bersama Ganjar Pranowo. Foto: tmgp

Ada berbagai gagasan Ganjar disampaikan dalam kesempatan itu. Antara lain, strategi dan gagasannya untuk memanfaatkan bonus demografi, melakukan transisi energi, hingga komitmen untuk memberantas korupsi.

Gubernur Jawa Tengah Periode 2013-2023, yang juga capres 2024 dari PDIP ini, memberikan apresiasi atas sambutan hangat dari mahasiswa UI padanya. Ganjar juga merasa senang, sebab iklim kampus tercipta dengan baik di kampus tempatnya dulu memperoleh gelar Magister Ilmu Politik itu.

”Saya diundang untuk datang dalam Kuliah Kebangsaan, dan sambutannya luar biasa. Saya senang, karena ini acara bagus, bisa menjadi ruang diskusi yang menarik. Boleh kok ini dikembangkan di fakultas lain dan juga perguruan tinggi lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA: Kabupaten Kudus Buka Lowongan 557 Formasi PPPK, Berikut Daftar Lengkapnya

Sementara itu, Dekan FISIP UI, Prof Semiarto Aji Purwanto menyampaikan, pihaknya sengaja mengundang para pemimpin “hebat” dalam acara Kuliah Kebangsaan. Diharapkan, acara itu bisa memberikan edukasi kepada para mahasiswa, agar semakin mencintai Indonesia.

”Termasuk juga jadi ajang untuk diskusi, tentang ide dan gagasan calon pemimpin Indonesia ke depan. Dan Pak Ganjar ini kami undang, selain beliau calon pemimpin masa depan, beliau juga alumni FISIP UI, yang diharapkan bisa memberikan pengalaman pada adik-adiknya,” harap dia.

Riyan