blank
Ilustrasi kantung mata. Foto: Dok/Ditjen Pelayanan Kesehatan

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Meskipun kantung mata tak berbahaya bagi kesehatan, namun kantung mata dapat mengganggu penampilan kamu, lantaran bisa menyebabkan wajah kelihatan lebih tua.

Kantung mata normal dialami oleh siapa saja. Untuk menghilangkan kantung mata, kamu bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan. Namun kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Bagi kamu yang ingin menghilangkan kantung mata sendiri secara alami, kamu bisa mencoba beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan kantung mata.

Melansir dari laman Kemenkes, ada beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan kantung mata. Apa saja? Simak yuk!

1. Kantong teh

Teh tidak hanya untuk dikonsumsi saja, akan tetapi bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Cara menggunakan kompres kantong teh ini, seduh dua kantong teh selama 3 sampai 5 menit. Biarkan kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit. Kemudian, peras cairan ekstra dan letakkan kantong teh ke area kantung mata. Biarkan selama 15 hingga 30 menit.

2. Irisan mentimun

Kandungan timun yang tinggi air dan vitamin C dapat membantu melembabkan kulit. Mentimun juga mengandung magnesium dan silika yang sangat baik untuk mendukung mata agar sehat dan terlihat lebih segar.

Cara menghilangkan kantung mata dengan timun cukup mudah. Kamu tinggal memotong timun yang sudah dibersihkan tipis-tipis, lalu tempelkan ke area mata kurang lebih selama 30 menit. Ulangi cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Kentang

Kentang juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan kantung mata secara alami. Enzim, vitamin C, dan nutrisi lain yang dibutuhkan kulit terkandung dalam kentang.

Bahan yang kamu perlukan cukup satu buah kentang. Pertama, kupas kulit kentang dan parut kentang. Setelah itu, letakkan kentang yang sudah diparut dalam handuk. Kemudian, letakkan handuk berisi kentang itu di atas kelopak mata yang tertutup selama 10 hingga 15 menit. Coba lakukan cara itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Hal itu juga berpengaruh untuk menghilangkan kantung mata. Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat mencerahkan kulit.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan kantung mata yakni dengan mengoleskannya dan melakukan pijatan perlahan pada mata. Gunakan setiap hari sebelum tidur dengan rutin.

5. Daun mint

Daun mint ternyata memiliki khasiat mampu menghilangkan kantung mata. Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu menumbuk beberapa helai saja daun ini. Kemudian tambahkan sedikit air yang nantinya membuat daun menjadi seperti scrub.

Usapkan scrub daun mint ke sekitar kantung mata saja, diamkan kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Selain melakukan perawatan tentu saja kamu perlu melakukan modifikasi gaya hidup sehat seperti memperhatikan asupan air minum, mengurangi asupan garam, tidak merokok, tidur yang cukup serta menghindari alkohol.

Ning S