Suasana IR’s Career Development Course 2023 yang digelar bersama Laboratorium Hubungan Internasional Universitas Slamet Riyadi bersama Java Academy (Dok/Unisri)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Laboratorium (Lab) Hubungan Internasional (HI) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta  menggelar IR’s Career Development Course (ICDC) tahun 2023.

Kegiatan yang merupakan rangkaian program kerja Lab HI dan diperuntukkan bagi mahasiswa HI semester 7, alumni, bahkan masyarakat umum, berlangsung selama 2 hari, hingga Sabtu (16/9).

Menurut Kepala Laboratorium HI Unisri, Untari Narulita Madyar Dewi, S.IP, M.H.I., program ICDC Tahun 2023 menjadi program yang sangat dinantikan para mahasiswa HI. Karena kegiatan yang berlangsung menjadikan peluang mahasiswa HI untuk bisa bekerja dikancah nasional dan internasional sangatlah terbuka lebar.

Gelaran ICDC dilaksanakan Lab HI Unisri, bekerjasama dengan Java Academy dari Mitra Buana Internasional selaku Lembaga Pendidikan bimbingan belajar dan konseling swasta di Indonesia.

“ Kerja sama yang berlangsung bertujuan mempersiapkan mahasiswa lulusan Prodi HI Unisri agar dapat bersaing dikancah internasional melalui Penerimaan Seleksi Pegawai Setempat KBRI/KJRI yang ada di Luar Negeri,” terangnya.

Dalam kesempatan sama Ketua Prodi HI Unisri, Ganjar Widhiyoga, Ph.D.,menyatakan hal senada.Kegiatan ICDC bertujuan mempersiapkan mahasiswa HI mengetahui mekanisme seleksi Penerimaan Pegawai Setempat KBRI/KJRI dan seleksi CPNS Kemlu.

Selain itu, mahasiswa dibekali dengan pemahaman menghadapi tes tertulis, tes akademik, dan tes wawancara di Kemlu itu seperti apa. Dalam rangkaian kegiatan ICDC  , penyelenggara  mengundang narasumber yang kompeten dan ahli dalam bidangnya.

Di antaranya Andhika Bambang Supeno, M.Si merupakan Ex Minister Counsellor Kementerian Luar Negeri RI, dengan memberikan bekal materi pengetahuan dan softskills yang baik bagi para mahasiswa HI dalam menghadapi seleksi Penerimaan Pegawai Setempat KBRI/KJRI dan seleksi CPNS Kemlu.

Bagus Adji