Siswa dan guru sedang bersama-sama membersihkan ruang kelas(Dok/SMPMPK)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Prgoram Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar aksi membersihkan lingkungan sekolah setempat dalam rangka memperingati World Clean Up Day (WCD) 2023.

Kegiatan yang diikuti  seluruh unsur warga sekolah dari kepala sekolah, guru, karyawan, dan 365 siswa kelas 7, 8, serta 9 berlangsung Jumat (15/9/2023).

Kepala Urusan Kesiswaan SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, Heru Hadiyono, S.Pd., S.Kom menjelaskan, kegiatan bertujuan membudayakan perilaku hidup bersih, sehat dan penerapan ramah lingkungan.

Terlebih, SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta pada tahun 2023 meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan menindaklanjuti surat Kepala DLHK Provinsi Jawa Tengah terkait Pertisipasi Aksi World Cleanup Day (WCD) 2023 di sekolah.

Para siswa SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta terlihat membersihkan lingkungan sekolah secara bersama-sama pada Jumat 15 September 2023 (Dok/SMPMPK)

Meskipun demikian, kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah rutin kita laksanakan dan melibatkan semua unsur warga sekolah dan masyarakat sekitar.

Kegiatan bersih lingkungan dan pungut sampah dibagi menjadi beberapa titik di sekolah. Saya berharap adanya kegiatan rutin ini sekolah menjadi terjaga kebersihannya dan lingkungan menjadi sejuk dan nyaman untuk mendukung aktivitas belajar siswa.

Manfaat kebersihan banyak sekali salah satunya menanamkan jiwa kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan. “Jadi melatih kepekaan dan kepedulian siswa dengan aksi turun langsung membersihkan sekolah dan lingkungan sekitar,” jelasnya.

Sementara itu Arifa Laila Ramadhani, siswa kelas 7 ketika diminta tanggapannnya menuturkan, kegiatan gotong royong kebersihan di sekolah penting karena membuat sekolah menjadi bersih, nyaman, dan asri.

“Saya bersama teman-teman membersihkan rumput, menyiram tanaman, memungut sampah-sampah plastik, dan menyapu. Semoga sekolah terjaga kebersihan dan menjadi indah dipandang. Saya juga biasa di rumah membantu orang tua untuk menyapu, mengepel lantai, dan menyiram tanaman,” tuturnya.

Bagus Adji