blank
PELATIHAN - Peserta pelatihan barista menerima penjelasan dari instruktur. (Foto: Dinkominfo)
KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan memberikan peluang  untuk memperluas peluang kerja bagi masyarakat Kota Pekalongan, dengan menyelenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi Gelombang 3 DBHCHT Tahun 2023. Jenis pelatihan tersebut adalah pelatihan tata boga, pembuatan roti dan kue, menjahit, dan barista. Pelatihan digelar dengan menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).
Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso (SBS) melakukan monitoring pelaksanaan pelatihan barista di BLK Kota Pekalongan, Selasa (12/9/2023). “Pelatihan ini diadakan selama 28 hari, 5 hari peserta dibekali materi umum dilanjutkan secara teknis di workshop BLK selama 23 hari bersama instruktur,” jelas SBS.
SBS berharap, melalui pelatihan ini dapat menghasilkan angkatan kerja yang siap memanfaatkan potensi kesempatan kerja yang terbuka seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Kota Pekalongan.
Sementara itu, Instruktur Pelatihan Barista, Hasan menerangkan bahwa pelatihan barista dimulai dari pengenalan mesin kopi, proses penggilingan kopi sampai dengan penyeduhan.
“Ini kami kenalkan mesin espresso dan grinder untuk menggiling kopi. Hari ini materinya kami jelaskan proses mulai dari menggilingkan kopi sampai dengan menyeduh kopi,” tukas Hasan.
Nur Muktiadi