blank

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK) melaksanakan matrikulasi pada Sabtu, (9/9/2023). Acara yang di helat di Gedung Kuliah Bersama Lantai 5 tersebut merupakan bagian dari program penyambutan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024.

Peserta matrikulasi mayoritas merupakan tutor – tutor Kampung Inggris Pare Kediri yang telah memiliki lembaga – lembaga kursus bahasa Inggris di Pare, Kediri, Jawa Timur. Mereka yang berpengalaman mengajar lebih dari tiga tahun tersebut bersemangat mengikuti kuliah perdana yang dilaksanakan di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Kuliah perdana dibuka oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Trimanah SSos MSi.Trimanah menyampaikan bahwa bahasa merupakan bagian dari komunikasi dan budaya. Bahasa juga bagian identitas suatu bangsa.

Materi yang disamapaikan yakni budaya akademik Islami dan budaya birrul walidain oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Nur Ekaningsih SPd MPd. Dalam kesempatan tersebut juga dikenalkan industri bahasa terutama dalam bidang translation (penerjemahan) yang dipaparkan oleh Ahmad Lizamuddin SPd MPd yang didampingi oleh Muhammad Noor Zuhri selaku Kepala CILAD.

Pemaparan materi lain oleh para dosen Pendidikan Bahasa Inggris tentang language teaching and learning oleh Prof Dr Abdurachman Faridi, research on language teaching oleh Hartono SS MPd, academic writing oleh  Dr Kurniawan Yudhi Nugroho MPd dan Finding Appropriate references oleh Choiril Anwar SPd MPd.

Melalui perkuliahan perdana ini diharapkan seluruh tutor Bahasa Inggris, Kampung Inggris, Pare, Kediri memiliki gambaran perkuliahan yang akan dijalani dan persyaratan kelulusan yang harus mereka tempuh untuk menjadi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris di Unissula selama 1 sampai 1,5 tahun ke depan.