blank
Jalan yang baru selesai diaspal ini terpaksa dibongkar lagi karena ditemukan material yang tidak bagus. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Pengaspalan jalan di di Jalan A Yani, Kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan dikeluhkan warga. Pedagang kaki lima yang sehari-hari membuka angkringan di Kawasan itu mengeluh karena omzetnya turun.

Keluhan di antaranya disampaikan oleh pedagang di depan Toko Jempol, sebelum Pasar Induk Purwodadi. Hal ini dirasakan setelah lokasi jualannya yang berada di depan pertokoan itu dibongkar karena ada pengaspalan jalan.

“Sudah sekitar dua minggu ini, kami tidak tahu kapan selesainya karena sampai saat ini juga belum dikerjakan. Jujur saja, ini berpengaruh pada penjualan saya sebagai pedagang angkringan yang setiap sore sampai malam berjualan di sini,” ujar Eko, seorang pedagang.

Kualitas Rendah

Sedangkan Suparno, mandor pengaspalan di Jalan A Yani, Kota Purwodadi, yang ditemui wartawan, menjelaskan jalur yang dikeluhkan oleh para PKL maupun warga setempat lantaran adanya pembongkaran.

Suparno menjelaskan, pembongkaran jalan dilakukan karena aspal yang dipergunakan tidak menggunakan kualitas yang bagus. Sementara itu, Sekretaris DPUPR Grobogan, Wahyu Tri Darmanto menjelaskan, pengaspalan yang dilakukan di jalur tersebut hasilnya kurang maksimal, maka perlu dilakukan pembongkaran untuk diganti menjadi aspal kualitas bagus.

“Betul, ini masih dalam proses kontrak, karena aspal hasilnya tidak bagus, dari rekanan melakukan perbaikan,” ujar Wahyu, Jumat, 8 September 2023.

Dalam pengamatan suarabaru.id, sepanjang jalur A Yani ini memang tidak ditemukan plang perusahaan pelaksana pengaspalan jalan ini. Hanya terlihat pamflet bertuliskan Hati Hati Ada Pekerjaan Proyek terpasang di pertigaan antara Jalan Soponyono dengan Jalan A Yani, Kota Purwodadi.

Tambal Sulam

Tidak hanya di depan pertokoan timur Pasar Induk Purwodadi saja yang menjadi keluhan warga. Para pengemudi, baik roda dua maupun roda empat mengeluhkan sepanjang jalan A. Yani, Kota Purwodadi. Pasalnya, jalan tersebut tidak rata karena adanya pengaspalan yang tidak merata.

blank
Pemasangan plang untuk memudahkan pengendara agar berhati hati. Foto: Tya Wiedya

Pengaspalan yang terkesan hanya tambal sulam bisa terlihat di Jalan A. Yani, Kota Purwodadi, yang masuk Kelurahan Kuripan. Terlihat di jalur itu, jalan tersebut tampak bergelombang karena aspal yang tidak merata tersebut.

“Kalau dari depan Rumah Makan Padang Simpang Mawar Plendungan sampai depan Radio Idola FM itu jalannya tidak mulus, bergelombang, kesannya tambal sulam, dan sering terjadi kecelakaan di situ, seperti pernah terjadi di depan Kelurahan Kuripan beberapa waktu lalu,” jelas Herma, warga Kota Purwodadi.

Sementara itu, Adi, warga Putat, berharap sepanjang Jalan A Yani Kota Purwodadi bisa mulus, dari gapura selamat datang Kota Purwodadi hingga perempatan Kencana.

“Setiap hari saya lewat sini karena kantor saya di Kota. Tetapi semakin lama saya rasakan, jalannya ini bergelombang. Saya berharap segera diperbaiki agar jalannya bisa mulus. Masak, dari jalur pintu masuk Kota Purwodadi sampai di tengah kota jalannya pating gronjal (parah)?” keluh Adi.

Wahyu menjelaskan, fokus pembongkaran jalan yang telah diaspal akan dilakukan jika setelah dilakukan pengecekan ditemukan spot yang tidak bagus. “Di spot yang dicek tidak bagus akan dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Tya Wiedya