Sosialisasi Operasi Zebra Candi, pengendara dipermudah dengan layanan Samsat keliling. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hari ketiga pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023, jajaran Polda Jateng menggelar sosialisasi tertib berlalulintas dan taat pajak di seputar Jalan Sriwijaya Semarang.

Menurut Kasatgas Preemtif Ops Zebra Candi 2023 Polda Jateng, AKBP Mariska Fendi Susanto, kegiatan difokuskan kepada edukasi agar masyarakat tertib berlalu lintas dengan membagikan leaflet dan brosur.

“Selain sosialisasi tertib berlalulintas, pengendara yang kedapatan telat bayar pajak disediakan Samsat keliling di lokasi kegiatan untuk mempermudah masyarakat bayar pajak kendaraan,” ujarnya, Kamis (7/9/2023).

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang patuh dan taat berlalulintas dengan membagikan souvenir dan godie bag yang tujuannya untuk memotivasi masyarakat agar terus tertib berlalulintas.

Fahri, salah seorang pengendara mengapresiasi kegiatan yang dilakukan jajaran kepolisian dengan memberikan edukasi terkait keselamatan dalam berlalulintas.

Salah seorang pengemudi Ojek Online, Ngadimin, warga Candisari mengaku terbantu karena dapat membayar pajak kendaraan di lokasi.

“Ada keterlambatan pembayaran STNK, memang rencananya mau membayar namun belum sempat, pas ada sosialisasi tadi langsung diarahkan sama petugas, Alhamdulillah ada program bebas denda pajak,” ujarnya.

Sementara Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto menjelaskan, kegiatan Operasi Zebra candi 2023 ini dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas menjelang penggelaran operasi mantap brata 2023-2024.

“Jadi kegiatan lebih bersifat imbauan edukatif dan persuasif yang dilaksanakan secara humanis, guna meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” kata Satake Bayu.

Ning S