Kapolresta Magelang Kombes Ruruh Wicaksono menjalani pemeriksaan detak jantung, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Dalam rangka menjaga kesehatan fisik personel Polri agar selalu prima dalam menjalankan tugas-tugasnya, diadakan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Polresta Magelang melakukan pemeriksaan kesehatan di lobi Mapolres, Kamis (7/9/2023).

Kapolresta Kombes Ruruh Wicaksono menuturkan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh Seksi Dokkes Polresta Magelang bekerja sama dengan Laboratorium Kesehatan Pemda Kabupaten Magelang. Pemeriksaan kesehatan secara berkala itu dilakukan dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan personel Polri untuk mendukung pelaksanaan tugas kepolisian secara optimal.

“Bekerja sama dengan Laboratorium Kesehatan Pemda Magelang, pemeriksanaan kesehatan berkala ini dilakukan dalam rangka memelihara kesehatan personel. Serta memantau kondisi kesehatan anggota untuk mendukung pelaksanaan tugas kepolisian secara optimal,” jelasnya.

Dia menandaskan, kegiatan tersebut juga supaya personel lebih peduli terhadap kesehatan masing-masing. Jangan ketika sakit baru terdorong untuk periksa kesehatan.

Diawali dengan observasi tanda-tanda vital seperti pemeriksaan tekanan darah dan nadi, kemudian dilakukan pemeriksaan riwayat penyakit dan pengambilan sample darah untuk keperluan tes kimia darah. Itu sebagai upaya mendeteksi adanya penyakit atau gangguan kesehatan yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Hingga nantinya dapat diambil tindakan medis yang tepat.

Kasi Dokkes Polresta Magelang, Iptu Dwi Haryanto, menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai tindak lanjut dari laporan yang masuk mengenai adanya beberapa personel Polri yang jatuh sakit. Maka dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Dia mengatakan, sesuai instruksi yang diberikan oleh Kapolresta, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan berkala kepada pejabat utama Polresta Magelang sejumlah 21 orang. Bertujuan agar dapat dijadikan panutan oleh anggotanya dalam memperhatikan kesehatannya. Untuk dapat melaksanakan tugas kepolisian dengan kondisi fisik yang siap dan prima.

Sementara Kasat Narkoba Polresta Magelang, Kompol Willy Budiyanto,
menyampaikan apresiasi kegiatan itu. Ke depan akan diselenggarakan secara rutin selama satu bulan sekali. “Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat, karena dalam menjalankan tugas kepolisian yang padat terkadang personel Polri menjadi abai terhadap kondisi kesehatannya,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya pemeriksaan kesehatan secara baik dan lancar, diharapkan dapat terus dilakukan untuk membantu mengantisipasi potensi masalah kesehatan yang mungkin berpengaruh terhadap kinerja personel Polri. Serta memberikan perawatan yang tepat dan segera bagi personel agar dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Eko Priyono