Beberapa pemateri dan peserta kegiatan, berfoto bersama dengan hasil olahannya. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Universitas Pandanaran (Unpand), Semarang, belum lama ini memberikan pelatihan tentang aneka produk olahan dari ikan lele. Peserta kegiatan ini adalah kelompok ibu-ibu rumah tangga di Dusun Branggah RT 06 RW 08, Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat, melalui Pembuatan Mesin Pelet Ikan dan Budidaya Ikan Lele.

Adapun pendanaannya berasal dari program Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, untuk Tahun Anggaran 2023.

BACA JUGA: Pj Bupati Jepara Tak Menampik Ijin Tandatangani Perda RTRW Telah Turun dari Mendagri

Ibu-ibu rumah tangga di Dusun Branggah RT 06 RW 08, Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, terlihat serius mempraktikkan materi yang diterima. Foto: riyan

Tim pengabdian diketuai Agustien Zulaidah ST MT, yang juga selaku Rektor Universitas Pandanaran. Sedangkan anggotanya, Shintawati Dyah Purwaningrum ST MT dan January Jefry Prasetya ST MM serta tenaga ahli Niyar Candra Agustin SSi MSc, Sukaryo ST MT dan Ricka Prasdiantika SPd MSc.

Dalam keterangannya, Agustien Zulaidah mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan meningkatan kesejahteraan keluarga, terutama di Dusun Branggah RT 06 RW 08 Desa Nyatnyono, melalui pelatihan pembuatan aneka olahan ikan lele.

”Kami berharap, kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu rumah tangga di Dusun Branggah RT 06 RW 08, Desa Nyatnyono. Semoga nantinya dapat dijadikan produk rintisan, yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan keluarga, serta pencapaian kesejahteraan keluarga,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA: Kemahasiswaan USM Studi Banding ke UAD dan UII Yogyakarta

Hasil produksi makanan dengan olahan berbahan baku ikan lele. Foto: riyan

Dalam pelatihan yang diberikan, peserta belajar membuat produk olahan berupa dimsum, nugget, dan cookies, yang semuanya berbahan ikan lele. Pemaparan materi, pelatihan, dan pendampingan dilakukan oleh Heny Nugraeny, owner Ciki Bakery.

Untuk memudahkan penyampaian materi, Tim PKM dan narasumber membuat modul pembuatan aneka olahan ikan lele ini, yang disampaikan kepada mitra pada saat pelatihan. Modul itu akan sangat membantu mitra, dalam membuat produksi aneka olahan ikan lele di luar waktu pengabdian.

Riyan