blank
Kemahasiswaan Universitas Semarang (USM) melakukan studi banding ke Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kemahasiswaan Universitas Semarang (USM) melakukan studi banding ke Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, baru-baru ini.

Delegasi USM yang terdiri atas 57 orang dipimpin Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

”Kegiatan ini bertujuan mempererat tali salaturahmi. Selain itu juga belajar tentang sarana, prasarana, serta pengelolaan kemahasiswaan di UAD dan UII,” kata Junaidi.

Dia mengatakan, UAD dan UII dipilih sebagai lokasi studi banding karena salah satu Universitas Unggulan di Indonesia dengan berbagai prestasi, baik prestasi akademik maupun nonakademik.

Program sarjana UAD, 70% telah terakreditasi A, sedangkan 30% telah terakreditasi B. Sedangkan UII adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta Nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta.

”UII secara nasional menempati peringkat ke-22 dan peringkat ke-5 PTS secara nasional,” ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut, katanya, kemahasiswaan USM membandingkan Sistem Pengelolaan Bidang Kemahasiswaan meliputi sistem tata Kelola beasiswa (KIPK, akademik, nonakademik dll), sistem pengelolaan anggaran kemahasiswaan (dana kegiatan mandiri, dana musker, dana insidental dan dana pengembangan dalam bidang kemahaiswaan dan organisasi mahasiswa) dan beberapa tata kelola organisasi kemahaiswaan lainnya.

Selain itu juga berdiskusi tentang pengisian dan verifikasi Simkatmawa.

”Saya berharap, kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kemajuan bidang kemahasiswaan USM. Selain itu juga kegiatan ini dapat berlanjut menjadi kerja sama antarperguruan tinggi,” tambahnya.

Muhaimin