blank
GBR. Corporate Secretary PT Sukun Wartono Indonesia, Deka Hendratmanto dalam press conference di pendopo rumah dinas Bupati Blora. Senin, 4 September 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Event sport tourism skala nasional kali pertama siap digelar di Kabupaten Blora. Event tersebut bertajuk Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023. Melalui kegiatan ini para peserta yang berasal dari sejumlah kota di Indonesia akan diajak berolahraga sekaligus berwisata di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 digelar pada tanggal 16 hingga 17 September 2023 di Sabtu dan Minggu. Event ini merupakan penutup dari rangkaian Trilogi Tour de Borobudur 2023.

‘’Tahun ini spesial di Blora. Blora direkomendasikan gubernur. Ada beberapa alasan mengapa kami memilih Kabupaten Blora sebagai tempat pelaksanaan kegiatan. Salah satunya, rutenya sangat menantang bagi cylist. Di Blora juga ada Bendungan Randugunting yang belum lama ini diresmikan Presiden Jokowi,’’ ujar Corporate Secretary PT Sukun Wartono Indonesia, Deka Hendratmanto dalam press conference di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Senin (4/9/2023).

Dia mengungkapkan, Bupati Blora turun langsung melakukan survei lokasi yang akan menjadi rute Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023. Dengan konsep Sport tourism, keindahan alam, potensi wisata dan seni budaya serta kuliner Blora akan dieksplore. Kawasan Bendungan Randugunting akan menjadi salah satu Pitstop selain Pitstop di Kampung Samin Klopoduwur.

‘’Jarak tempuhnya sekitar 165 kilometer. Kami ingin mengangkat potensi lokal melalui kegiatan olahraga wisata. Ini sesuai tagline Ayo Dolan Blora,’’ ungkap Deka Hendratmanto.

blank
Foto bareng Sekda Blora Komang Gede Irawadi dengan Corporate Secretary PT Sukun Wartono Indonesia, Deka Hendratmanto usai press conference di pendopo rumah dinas Bupati Blora. Senin, 4 September 2023.
Foto: Kudnadi Saputro Blora

Pada kesempatan press conference itu, Bupati Blora H. Arief Rohman hadir secara virtual melalui zoom. Sebab, dia masih berada di Semarang dalam rangka dinas. Bupati Blora menyambut antusias akan digelarnya Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023.

‘’Ini pertama kali di Blora,’’ kata Bupati Blora.

Bupati Blora menyakini melalui event ini akan banyak manfaat yang bisa dirasakan masyarakat Blora. Mulai sektor wisata, kuliner, seni dan budaya serta perekonomian akan merasakan manfaat dari kedatangan ratusan peserta Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 yang berasal dari kota – kota besar di Indonesia serta kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Oleh karena itu, kata bupati, persiapannya harus dilakukan serius.

‘’Kalau event ini sukses, Insya Allah akan dilanjut tahun depan,’’ katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Blora Komang Gede Irawadi yang hadir dalam konferensi pers mengatakan, bahwa dengan adanya Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 ini diharapkan perekonomian di Blora kembali bergerak pasca pandemi Covid-19.

‘’Akan banyak multiplier effect dari kegiatan ini. Tak hanya Indonesia, dunia akan tahu Blora semakin maju,’’ harap Sekda Blora.

Ketua Pelaksana Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023, Hendra Dharmanto mengemukakan, sekitar 600 orang peserta akan mengikuti Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023. Pihaknya melibatkan potensi-potensi lokal Blora untuk turut andil menyukseskan event ini.

“Seluruhnya sudah saya survei sendiri, mulai dari rute jalan, penginapan hingga ketersediaan kuliner khas Blora,” ucap Hendra Dharmanto.

Kudnadi Saputro