blank
Ganjar menerima lukisan bergambar dirinya dan sang istri, sebagai ucapan terima kasih dari Baznas Jateng, atas kerja samanya selama ini. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah, menitipkan harapan kepada Ganjar Pranowo, agar program baik yang terlaksana di Jateng bisa dibawa ke tingkat Nasional. Sehingga keberadaan Baznas bisa benar-benar dirasakan masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua Baznas Jateng, KH Ahmad Darodji, saat menemui Ganjar di rumah dinas Gubernur Jateng, Puri Gedeh, Semarang, Selasa (5/9/2023). Pada kesempatan itu, Kiai Darodji beserta jajaran pimpinan Baznas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ganjar.

”Kita terima kasih, karena selama beliau memimpin, yang masuk ke Baznas naik. Kedua, penggunaannya yang semula orang kira hanya konsumtif, sekarang sudah juga untuk hal-hal produktif, sehingga manfaatnya semakin dirasakan masyarakat,” ucap Darodji.

BACA JUGA: Tangis Ganjar Pranowo Pecah saat Pamitan Kepada Ribuan Rakyat Jateng

Pria berusia 83 tahun itu menambahkan, di bawah bimbingan Ganjar Pranowo, Baznas mengalami perkembangan yang signifikan. Dari segi penerimaan zakat, kebijakan Ganjar menggunakan sistem payroll pada gaji ASN, telah berpengaruh.

”Zakat (penerimaan-red) yang tadinya hanya Rp 2 miliar kini menjadi Rp 100 miliar,” katanya.

Selain itu, pen-tasharuf-an atau penggunaan zakat yang sebelumnya lebih pada bantuan konsumtif, kini juga terbagi rata dengan bantuan produktif. Sebab, Ganjar seringkali melibatkan Baznas dalam programnya, salah satunya adalah pengentasan kemiskinan.

BACA JUGA: Ganjar-Yasin Pamitan Menggunakan Bahasa Jawa, Atikoh dan Nawal Yasin Menangis Berpelukan

blank
Kiai Ahmad Darodji bersalaman dengan Ganjar, yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur Jateng selama dua periode. Foto: hms

”Beliau mengakui, pengentasan kemiskinan di Jateng antara lain dari Baznas ini. Oleh karena itu, kita terima kasih kepada beliau, sehingga kerja kami itu bermakna di mata masyarakat,” ujarnya.

Darodji berharap, kebijakan bagus yang diterapkan di Jateng bisa dibawa ke tingkat Nasional. Sehingga masyarakat Indonesia bisa lebih merasakan.

”Harapannya, diteruskan ke gubeernur yang baru, sehingga Baznas keberadaannya bisa dirasakan masyarakat,” tegasnya.

BACA JUGA: Atlet Para Badminton Indonesia Berjaya di Hari Pertama

Sementara itu, Ganjar Pranowo yang hari ini purna tugas, menyatakan, akan meneruskan program ini kepada Pejabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana.

”Besok Insya Allah ketemu, dan akan saya sampaikan. Agar Baznas ini jalan terus untuk membantu masyarakat,” tegasnya.

Riyan