Atikoh Ganjar dan Nawal Yasin berpelukan sambil menangis, dan Ganjar-Yasin membungkukkan badan mengucapkan pamitan kepada warga Jawa Tengah. Foto: Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Meimoen sudah secara resmimelepaskan jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng.

Ganjar-Yasin bersama istrinya Atikoh Ganjar dan Nawal Nur Arafah pun berpamitanberpamitan di tengah-tengah ribuan orang yang memenuhi tribun penonton GOR Jatidiri Kota Semarang, Selasa (5/9/2023).

Ketika naik panggung, sambil melambaikan tangan Ganjar berseru, “Terima kasih ya….”

Sebelum membacakan teks pamitan dengan menggunakan bahasa Jawa, Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan, bahwa masa jabatannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah sudah berakhir dan pasangan ini mengucapkan terima kasih

Ganjar-Yasin dan pasangan masing-masing Atikoh dan Ning Nawal melambaikan tangan. Pada saat ini ganjar berucap, “Terima kasih ya”. Foto: Tangkapan layar Youtube

Saking sakjroning manah, kula lan Gus Yassin ngaturaken matur nuwun. Mboten saged kula saha Gus Yassin aturaken kagem mbales sedaya ingkang sampun panjenengan lampahi. Kula lan Gus Yassin namung saged nyekseni, bilih panjenengan sedaya Insyaa Allah kalebet kagolongan tiyang sae. Kula saha Gus Yassin namung saged ndedonga, mugi-mugi Panjenengan sakkeluarga bahagia ndonya lan akhirat,” ujar Ganjar Pranowo didampingi Taj Yasin Maimoen, lalu membungkukkan badan memberi hormat kepada masyarakat yang hadir, di atas panggung berkarpet merah.

Bila diterjemahkan, ungkapan Ganjar itu adalah: “Dari hati yang paling dalam, Saya dan Gus Yasin mengucapkan terima kasih. Tidak ada yang bisa Saya dan Gus Yassin sampaikan, untuk membalas apa yang sudah Anda semua jalani. Saya dan Gus Yasin hanya bisa menjadi saksi, bahwa Anda semua masuk menjadi golongan orang baik.Saya dan Gus Yasin hanya bisa berdo’a, mudah-mudahan Anda sekeluarga bahagia dunia akhirat.”,” ucap Ganjar Pranowo

Dengan mengenakan baju putih dan celana hitam, pasangan nomor satu di Jawa Tengah ini kemudian saling berpelukan di atas panggung, setelah membacakan teks pamitan berbahasa Jawa, disusul oleh Istri Gubernur Siti Atiqoh Supriyanti dan Istri Wakil Gubernur Jateng Hj Nawal Nur Arafah, naik ke panggung berkarpet merah dan berpelukan untuk saling berpamitan.

Tampak kedua Perempuan ini berpelukan sangat erat, dan mata mereka sembab, keduanya saling menangis terharu.

Ribuan orang yang hadir itu, berasal dari Forkopimda Jawa Tengah, pejabat eselon 2-4, Instansi vertikal, kepala sekolah dan guru, direksi BUMD, organisasi wanita, ormas, organisasi usaha, kepala desa budayawan, difabel, Camat hingga nelayan dan masyarakat umum lainnya. Banyak yang merasa kehilangan, atas pamitnya pasangan nomor satu di Jawa Tengah ini.

Pada kegiatan itu, diputar pula video singkat perjalanan dan capaian kerja yang dilakukan Ganjar dalam dua periode. Mulai periode pertama bersama Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko dan periode kedua bersama Waguh Taj Yasin.

Dikatakan pula oleh Ganjar, bahwa capaian yang diraih Jawa Tengah saat ini, merupakan hasil kerja keras bersama. Dukungan seluruh unsur masyarakat, berperan pada kemajuan Jateng.

“Saya harus beri hormat atas segala sikap bapak, ibu, teman-teman semuanya karena berbagai program yang kita lakukan selama ini menghadirkan kebahagiaan, kenyamanan dan kepuasan bagi masyarakat,” ucapnya.

Absa