blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberi ucapan selamat kepada Polwan berprestasi. Foto: Dok/Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Polisi Wanita (Polwan) Polda Jateng akan dilibatkan secara maksimal dalam tugas pengamanan Pemilu tahun 2024.

Hal itu disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat menghadiri syukuran HUT Polwan ke-75 tingkat Polda Jateng yang digelar di Gedung Borobudur Mapolda Jateng, Senin (4/9/2023).

“Polwan akan kita terjunkan secara maksimal dalam pengamanan Pemilu 2024, baik melalui kegiatan preemtif, preventif serta penegakan hukum. Sebelumnya akan kita persiapkan melalui berbagai pelatihan pengamanan termasuk dalam pengamanan TPS, nanti akan diterjunkan personil Polwan,” tutur Lutfi.

Menurut Luthfi, Polda Jateng akan melibatkan Polwan dalam berbagai kegiatan operasional kepolisian. Hal itu sudah didiskusikan dengan perwira koordinator Polwan dan Karo Ops Polda Jateng.

Luthfi mengaku bangga dengan para Polwan Polda Jateng. Menurutnya, jajaran korps wanita kepolisian ini mampu memberikan prestasi dan nama harum bagi kesatuannya.

“Polwan merupakan putri-putri pilihan terbaik yang dicetak untuk melaksanakan tugas-tugas kepolisian. Oleh karena itu personil Polwan harus menjaga marwah nama baik intitusi dengan terus mempertahankan profesionalitas serta menampilkan prestasi,” ungkapnya.

Dalam kodratnya sebagai wanita, Luthfi mengaku memahami bahwa Polwan sebagai wanita memiliki sejumlah keterbatasan. Namun berbagai keterbatasan itu tidak menghalangi pelaksanaan tugas mereka sebagai anggota Polri. Sehingga Polwan tetap memiliki kesempatan yang sama dalam karier dinasnya seperti Polisi laki-laki.

“Baik itu di staf maupun di jajaran operasional. Bahkan ada Polwan yang menjabat sebagai Kapolres di wilayah Polda Jateng. Tidak dibeda-bedakan,” sambung Luthfi.

Luthfi berpesan agar Polwan tidak melupakan fitrahnya sebagai seorang wanita yang mempunyai peran penting di dalam rumah tangga.

“Jadilah sosok yang mampu memberikan kesejukan di dalam rumah tangga, sehingga meski melaksanakan tugas kepolisian mampu menjaga keharmonisan dan keutuhan rumah tangga masing-masing,” harap Luthfi.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda didampingi Waka Polda Jateng, Brigjen Pol Abioso Seno Aji memberikan ucapan kepada personel Polwan berprestasi, yang dilanjutkan pemotongan tumpeng serta pertunjukkan seni tari yang ditampilkan oleh personel Polwan Polda Jateng.

Sementara itu Ketua Panitia Hari Jadi Polwan ke-75 tahun 2023 tingkat Polda Jateng, AKBP Anita Indah Setyaningrum menyampaikan, kegiatan HUT Polwan ke-75 ini merupakan acara puncak.

“Sebelumnya, Polwan Polda Jateng sudah melaksanakan serangkaian kegiatan, diantaranya, bakti religi, anjangsana, olahraga bersama, lomba public speaking, lomba karya tulis dan lainnya.

“Harapannya dalam HUT Polwan ke-75 ini, Polwan semakin maju, semakin mandiri, seperti yang diharapkan pimpinan,” tandas Anita.

Ning S