Kebakaran dua rumah di Desa Pengkolrejo, Kecamatan Japah Kabupaten Blora, warga berjibaku padamkan kobaran api. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Dua rumah warga di Desa Pengkolrejo, Kecamatan Japah Kabupaten Blora, Jawa Tengah terbakar pada Sabtu malam Minggu 2 September 2023. Kedua rumah tersebut milik Murkasdi dan Sutar warga RT. 004 / RW. 003. Desa Pengkolrejo, Kecamatan Japah.

Salah satu warga Desa Pengkolrejo, Kecamatan Japah, Wina Subayu mengungkapkan saat peristiwa kebakaran sempat terjadi seperti suara ledakan. Seketika kobaran api langsung membesar membakar rumah tersebut.

“Mula-mula itu sempat terdengar suara ledakan, terus api membesar dari sebelah barat situ trus semua warga pada keluar semua, ada yang ngeluarkan gabah, sapi dan tidak tertolong lagi karena api sudah terlalu besar,” ucap Wina Subayu, kepada awak media ini.

Besarnya kobaran api, lanjut Wina Subayu, membuat warga panik, mereka bersama-sama berusaha memadamkan api agar tidak menjalar ke rumah yang lain.

“Warga panik semua, semua pada nangis, pada takut kalau nyala besar kena rumah yang lain, gemetar semua,” kata Wina Subayu, terlihat matanya berkaca – kaca.

Warga lain Desa Pengkolrejo, Kecamatan Japah, Kasmijan mengatakan api pertama kali muncul dari rumah Murkasdi bagian belakang. Seketika api langsung membesar dan membakar rumah milik Sutar yang berada disebelahnya.

“Titik api dari rumah Bapak Murkasdi, bagian belakang. Api sudah membesar sudah tinggi, saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong,” kata Kasmijan.

“Rumah kosong saudaranya punya hajatan, ya tidak di rumah semua,” ujar Kasmijan.

Untuk diketahui, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian, akibat kebakaran kedua rumah itu, ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Hingga kini diketahui diduga penyebab kebakaran di Japah tersebut, adalah akibat ledakan kompor gas, kedua rumah terbuat dari kayu.

Kudnadi Saputro