blank
Wakil Ketua DPRD Jepara Junarso bersama peternak yang tergabung dalam Kube Berkah Manunggal Keling

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ternak, termasuk kambing membutuhkan pakan yang variatif hingga nutrisi terpenuhi. Harapannya dapat membantu proses penggemukan dan memiliki nilai jual yang tinggi. Oleh sebab itu fermentasi pakan bisa menjadi salah satu opsi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Jepara, Junarso kepada media usai menghadiri Pelatihan Fermentasi Pakan Ternak yang diselenggarakan di Kube Berkah Manunggal di RT 05 / RW 05 Desa Keling Kecamatan Keling, Jumat (1/9-2023). Pelatihan yang diberikan oleh Rukanto ini diikuti oleh 20 orang peternak.

Pada kesempatan ini Junarso juga menyerahkan bantuan berupa alat dan bahan fermentasi, dan stimulan berupa kambing kepada Ketua Kelompok Sumarno.

blank
Wakil Ketua DPRD Jepara, Junarso saat berada di pelatihan pembuatan pakan

Menurut Junarso, fermentasi pakan kambing dapat dilakukan secara sederhana dan tidak rumit. “Selain itu sangat mudah didapat, pakan ternak fermentasi memiliki banyak kelebihan,”ujar Junarso. Intinya adalah memadukan potensi yang ada dilingkungan dengan teknologi. Karena itu pelatihan kepada para peternak sangat penting , tambahnya.

Sebab menurut Junarso, potensi peternakan di Jepara cukup besar mulai dari sapi, kerbau, hingga kambing dan domba. Untuk kambing dan domba dimiliki oleh 23.000 lebih peternak “Harapan kami kedepan Pelatihan Fermentasi Pakan Ternak dapat diperluas hingga semakin banyak peternak yang mendapatkan manfaat,” pintanya.

Hadepe