blank
Ilustrasi daun jambu. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daun jambu biji atau dengan nama lain Psidium guajava L. mengandung berbagai senyawa metabolit sekunder antara lain tanin, minyak atsiri, flavonoid, dan saponin. Selain buahnya yang digemari masyarakat karena rasanya enak dan menyegarkan, daun jambu biji juga dikenal luas akan khasiatnya dalam mengatasi diare.

Ada banyak manfaat daun jambu biji bagi kesehatan tubuh. Daun berwarna hijau ini telah dipercaya sebagai salah satu obat herbal di berbagai belahan dunia. Daun jambu biji mengandung ekstrak antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Daun jambu biji apabila dikeringkan dan dihancurkan,maka dapat dijadikan sebagai obat masker. Selain itu apabila daun jambu biji jika direbus dapat membantu menyembuh kan penyakit kanker, mengobati flu, mencegah diare, menurunkan kolesterol, mengelola diabetes, meredakan batuk dan pilek.

Baca Juga: Tips Memasak Daun Pepaya Agar Rasa Pahitnya Hilang

Buah jambu biji merupakan buah yang mengandung antioksidan. Antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Manfaat buah jambu biji yang lain adalah melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena jambu biji mengandung serat yang tinggi dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Namun tak hanya itu saja, daun jambu biji pun baik untuk kesehatan kulit wajah? Mengutip dari alodokter.com berikut adalah 4 manfaat daun jambu biji untuk kesehatan kulit wajah.

1. Mencegah kerutan di wajah

Salah satu manfaat daun jambu biji untuk kulit wajah adalah khasiatnya dalam menjaga kekencangan kulit, sehingga mengurangi kerutan pada wajah. Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan vitamin E pada daun jambu biji yang berperan sebagai antioksidan.

Baca Juga: Mempercantik Ruanganmu, Ini 5 Tanaman Hias dengan Corak Berdaun Ungu

Seperti yang kita tahu, antioksidan mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, polusi udara, dan paparan radikal bebas. Kondisi tersebut diketahui mampu merusak kulit dan mempercepat terjdainya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan di wajah.

2. Mencegah jerawat

Diketahui bahwa produk kecantikan yang mengandung daun jambu biji mampu melindungi kulit wajah dari munculnya jerawat. Manfaat ini berasal dari adanya kandungan asam galat, tanin, dan flavonoid dalam daun ini.

Beragam kandungan tersebut bersifat sebagai antibakteri, sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah.

Baca Juga: Sering Dianggap Tumbuhan Liar, Ini 7 Manfaat Daun Babadotan yang Wajib Kamu Tahu!

3. Mampu mencerahkan kulit

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan kulit wajah yang selanjutnya adalah khasiatnya dalam mencerahkan kulit wajah. Manfaat ini berasal dari tingginya kandungan vitamin C yang terdapat dalam daun jambu biji.

Vitamin tersebut dapat membantu mencerahkan kulit wajah karena mampu menghambat produksi melanin. Yaitu pigmen yang menentukan warna kulit. Semakin tinggi kadar melanin dalam kulit, semakin gelap pula warna kulit seseorang. Sebaliknya, semakin rendah kadar melanin, maka kulit kamu akan semakin cerah.

4. Memelihara kelembapan wajah

Daun jambu biji juga mampu menjaga kelembapan kulit wajah. Daun jambu biji kaya akan zat besi, yang bermanfaat untuk meningkatkan kolagen dalam kulit. Untuk diketahui, kolagen adalah sejenis protein penting yang berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

Dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung ekstrak daun jambu biji, kulit wajah kamu akan terasa lebih lembap, halus, dan kenyal.

Nah, itulah 4 manfaat daun jambu biji untuk kesehatan kulit wajah, semoga bermanfaat.

Claudia