blank
Wabup Pacitan, Gagrin (kanan) menyerahkan bantuan bedah rumah, dana bergulir, bantuan tambahan modal dan rombong kepada warga penghuni rutilahu dan pedagang.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Di Kabupaten Pacitan, Jatim, sebanyak 10 warga penghuni rumah tidak layak huni (Rutilahu) mendapatkan bantuan dana bedah rumah, dan sejumlah pedagang pasar menerima bantuan dana bergulir serta bantuan rombong (almari pajang).

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, bantuan tersebut berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Timur (Jatim) dan Baznas Kabupaten Pacitan. Penyerahannya dilakukan oleh Wakil Bupati (Wabup) Pcitan, Gagarin, Selasa (29/8), berlangsung di Pendapa Mas Tumenggung Djogokarjo Kabupaten Pacitan.

Ada sebanyak 10 warga yang menerima bantuan bedah rumah. Terdiri atas 3 warga dari Kecamatan Pringkuku, masing-masing 2 warga dari Kecamatan Pacitan, Arjosari dan Tegalombo, serta 1 warga dari Kecamatan Nawangan.

Masing-masing warga penghuni Rutilahu, menerima bantuan stimulan Rp 15 juta untuk memugar rumah huniannya. ”Saya sangat berharap, melalui pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh dapat membantu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan pemerataan ekonomi umat,” tandas Wabup Gagarin saat membacakan sambutan tertulis Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji.

Selain dana bedah rumah, dalam kesempatan sama juga diserahkan dana bergulir untuk usaha mikro serta penyerahan rombong (almari pajang) dan tambahan modal bagi usaha kecil dari Baznas Kabupaten Pacitan.

Dana bergulir untuk usaha mikro diberikan kepada 10 pedagang Pasar Minulyo Pacitan dan 5 pedagang Pasar Montongan Tulakan. Masing-masing mendapat permodalan Rp 2,5 juta rupiah. Sedangkan rombong dan bantuan permodalan diserahkan kepada 16 pedagang.
Bambang Pur