Ketua DPRD Sriyono (berpeci kedua dari kiri) memimpin rapat paripurna didampingi Wakil Ketua Krisyanto dan Siti Hardiyani (kedua dan kesatu dari kanan). Ikut hadir Wabup Setyo Sukarno (kiri).(Dok.DPRD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Masalah kekeringan, ancaman bahaya kebakaran dan kelangkaan pupuk bersubsidi, disorot oleh DPRD Wonogiri. Sorotan itu disampaikan oleh para juru bicara fraksi, Senin (28/8), di forum rapat paripurna yang digelar di Ruang Graha Paripurna lantai atas Gedung DPRD Wonogiri.

Rapat paripurna diikuti 37 dari 50 anggota dan dipimpin Ketua DPRD Sriyono didampingi Wakil Ketua Krisyanto dan Siti Hardiyani serta Sekretaris DPRD Gatot Siswoyo. Agenda rapat adalah penyampaian laporan hasil kegiatan reses Tahap II Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri.

Bupati menyampaikan izin karena bersamaan dengan rapat dengan Kementerian Agraria di Jakarta, dan menugaskan Wakil Bupati (Wabup) Setyo Sukarno. Surat izin Bupati, dibacakan Sekretaris Dewan Gatot Siswoyo di awal persidangan.

Ada lima juru bicara fraksi yang tampil menyampaikan hasil kegiatan reses Tahap II Tahun 2023. Mereka terdiri atas Mulyadi sebagai juru bicara Fraksi PDI Perjuangan, Widiyatno (Fraksi Partai Golkar), Sriyanto (Fraksi PKS), Jati Waluyo (Fraksi Partai Gerindra) dan Sunarno sebagai juru bicara FarksiĀ Amanat Kebangkitan Bangsa (AKB) yang merupakan koalisi PAN dan PKB.

Kelima jureu bicara fraksi ini, tampil bergiliran menyampaikan laporan hasil reses dengan memberikan saran masukan terkait dengan temuan saat melakukan reses yang disampaikan oleh konstituen. Dengan harapan, saran masukan dan aspirasi masyarakat tersebutĀ segera direspon oleh ekskutif.

Bantuan Air

Menyikapi musim kemarau yang kering sekarang ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) proaktif melakukan pantauan ke daerah. ”Dalam upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak kekeringan dan ancaman kebakaran,” tandas Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan, Mulyadi.

”Warga masyarakat di Wonogiri selatan yang kekeringan, perlu segera mendapatkan bantuan air bersih” tegas Juru Bicara Fraksi PKS, Sriyanto. Desakan sama, juga disampaikan oleh Juru Bicara Fraksi AKB Sunarno dan Juru Bicara Fraksi Partai Golkar Widiyatno.

Bersamaan itu, Pemkab diminta untuk segera mengantisipasi kelangkaan pupuk bersubsidi. Desakan ini, disampaikan Juru Bicara Fraksi Partai Gerindra, Jati Waluyo dan Juru Bicara Fraksi AKP Sunarno, Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan, Mulyadi.

Bupati Wonogiri yang diwakili Wabup Setyo Sukarno, menegaskan, hasil kegiatan reses Anggota Dewan, akan disinergikan dengan penanganan isu strategis dan menjadi bahan masukan dalam penyusunan anggaran pembangunan Wonogiri.
Bambang Pur