Ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Gigi kuning merupakan salah satu gangguan gigi dan mulut yang sering dikeluhkan dan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Warna gigi bisa cenderung menguning seiring bertambahnya usia, tetapi kemunculannya dapat dipercepat oleh beragam faktor.

Kebiasaan menyikat gigi secara rutin selama 2 menit, terutama setelah mengonsumsi makanan dan minuman pemicu gigi kuning, bisa membantu mengatasi masalah gigi kuning.

Meskipun banyak produk pemutih gigi di pasaran, barang tersebut seringkali mahal dan mengandung bahan kimia yang mungkin tidak diinginkan. Namun, ada beberapa cara alami yang dapat membantu Anda mengatasi masalah gigi kuning tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.

Baca Juga: Arti Mimpi Digigit Buaya, Apakah akan Terjadi Sesuatu Hal Buruk?

Dilansir dari laman healthline, berikut ini empat cara efektif untuk mengembalikan kilau alami gigi Anda tanpa perlu merogoh kantong dalam-dalam.

1. Menggunakan Baking Soda

Baking soda (natrium bikarbonat) adalah bahan alami yang sering digunakan dalam perawatan gigi dan kecantikan. Sifat abrasif ringan dari baking soda membantu menghilangkan noda permukaan pada gigi dan mengembalikan warna alaminya.

Anda dapat membuat pasta sederhana dengan mencampurkan sedikit baking soda dengan air, lalu menggosokkan pasta tersebut pada gigi dengan lembut. Namun, jangan gunakan baking soda terlalu sering, karena penggunaan berlebihan dapat merusak enamel gigi.

Baca Juga: Membuat Penampilan Kurang Percaya Diri, Ini 7 Tips Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

2. Minyak Kelapa untuk Oil Pulling

Oil pulling adalah metode tradisional yang berasal dari Ayurveda, di mana Anda menggosok minyak di gigi Anda selama beberapa menit setiap hari. Minyak kelapa sering digunakan karena memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi.

Caranya sederhana, ambil satu sendok makan minyak kelapa ekstra virgin dan kumur-kumur selama sekitar 15-20 menit. Setelah selesai jangan menelannya, buang minyaknya dan bilas mulut Anda dengan air hangat. Oil pulling membantu mengurangi plak, bakteri, dan noda pada gigi.

3. Hindari Makanan Berpigmen dan Asam

Makanan dan minuman seperti kopi, teh, anggur merah, soda, dan saus tomat dapat meninggalkan noda pada gigi Anda. Selain itu, makanan asam dapat merusak enamel gigi dan membuatnya lebih rentan terhadap perubahan warna.

Baca Juga: Tips Membuat Gigi Putih Alami

Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan berpigmen dan asam, atau setidaknya sikat gigi Anda setelah mengonsumsinya. Ini akan membantu menjaga gigi Anda tetap putih.

4. Penggunaan Kulit Buah dan Sayuran

Kulit buah seperti jeruk, stroberi, dan nanas. Serta sayuran seperti wortel dan seledri, mengandung serat alami dan enzim yang membantu membersihkan gigi secara alami.

Anda bisa menggosokkan bagian dalam kulit buah atau batang seledri pada gigi Anda, atau bisa juga mengunyah sayuran tersebut dengan baik sebelum menelannya. Ini akan membantu menghilangkan noda dan meningkatkan kesehatan gigi Anda.

Gigi kuning tidak perlu menjadi masalah besar dan mahal untuk diatasi. Dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti baking soda, minyak kelapa, dan kulit buah serta sayuran, Anda dapat merawat gigi Anda secara alami tanpa merusak enamel atau menghabiskan banyak uang. Tetaplah menjaga kebersihan gigi Anda dengan rutin menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan menghindari makanan berpotensi merusak gigi.

Claudia