blank
Sejumlah mahasiswi baru SCU, saat mengikuti persiapan pembekalan di kampus Bendan, Semarang. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Soegijapranata Catholic University (SCU) Semarang, Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi mengatakan, adanya kenaikan 10 persen jumlah mahasiswa baru yang masuk tahun ini. Bahkan Fakultas Psikologi sudah menutup pendaftaran, setelah jumlah mahasiswa terakomodasi sepenuhnya.

Hal itu seperti yang disampaikannya kepada sejumlah awak media, usai acara Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) SCU 2023, di kampus SCU Bendan, Semarang, Senin (28/8/2023).

Menurut Ferdinand, sapaan akrab Rektor SCU, Fakultas Psikologi masih menjadi pilihan favorit calon mahasiswanya. Fakultas lain yang juga banyak peminatnya yakni, Kedokteran, Komunikasi, Hukum, dan Teknik Informatika.

BACA JUGA: Mahasiswa KKN Unisri Ajarkan Metode Pelajaran Bahasa Asing untuk Anak Sekolah Dasar

blank
Ferdinand (tengah), saat memberikan keterangannya kepada awak media, didampingi Dr Siswanto MSi (kanan) dan Michell Adiputra Wijaya (kiri). Foto: riyan

”Pendaftaran di Fakultas Psikologi terpaksa kami tutup lebih awal, karena sudah melebihi kuota yang kami tetapkan,” kata dia dalam keterangannya, didampingi Dr Siswanto MSi Psikolog (Ketua PTMB) serta Michell Adiputra Wijaya (Wakil Ketua PTMB).

Ditambahkannya, Fakultas Kedokteran hanya menerima 50 orang mahasiswa. Jumlah itu disesuaikan dengan status akreditasi Baik, yang hanya membatasi 50 mahasiswa saja. Namun bila status akreditasinya Baik Sekali, FK SCU bisa menampung 100 mahasiswa.

Untuk jumlahnya, imbuh dia, sesuai kuota SCU, tidak bisa lebih dari 1.500. Hal ini agar proses pembelajaran bisa lebih baik dan berkualitas. Pihak kampus juga mengenalkan Soegijapranata Learning Model.

BACA JUGA: USM-Matching Fund 2023 Gelar FGD 2

Sebagai bentuk apresiasi atau warna baru bagi SCU, pihak kampus kini mengembangkan taman-taman dan seating group. Dua area itu berfungsi untuk tempat beristirahat atau sekadar tempat duduk, bercengkerama, berdiskusi serta menikmati taman.

Sementara itu, Dr Siswanto MSi menyampaikan, pembekalan kepada para mahasiswa baru itu, selain pengenalan kampus dan dosen, juga berbagai jenis mata kuliah yang nanti akan mereka terima. Untuk pelaksanaan PTMB sendiri dimulai Selasa-Jumat (29/8/2023-1/9/2023) mendatang.

”Kita ingin mahasiswa SCU bisa berproses dan punya kompetensi skill, kepemimpinan, bukan hanya teori tetapi praktik dan pengembangannya. Kelak mereka jika sudah lulus, bisa menerapkannya di masyarakat,” tukas dia.

Riyan