blank
KEJUARAAN - Axel saat mengikuti kejuaraan Biliar Internasional Jason Shaw Junior Open United Kingdom, Inggris. (Foto: Istimewa)
SLAWI (SUARABARU.ID) – Atlet Biliar termuda di ajang Porprov Jateng XVI 2023 asal  Kabupaten Tegal, Brian Axel Ferdian (14) ternyata juga juara matematika.
Brian Axel Ferdian yang akrab dipanggil Exel saat ini duduk di kelas 3 SMP GIS (Global Inbyra School) Kota Tegal. Selain jago biliar dia sering mengikuti kejuaraan matematika, seperti Asia Tenggara di Thailand 23 Februari 2018 dan Hongkong Thailand International Matematical Olimpiat 2018.
Saat di usia 9 tahun Axel juga dapat medali perunggu yang diikuti puluhan negara dunia. Pada Cabor Biliar, Exel juga telah mengikuti kejuaraan Biliar Internasional Jason Shaw Junior Open United Kingdom (Inggris) pada Mei 2023 lalu dan berhasil masuk 32 besar.
Brian Axel Ferdian yang kelahiran 2009 main biliar sejak usia 11 Tahun. Beberapa kejuaraan yang pernah diikuti oleh Axel seperti Biliar Kingdom di Semarang. Tiga hari kemudian di 24-26 Juli 2023 Kejuaraan Biliar Nasional Pelajar dan Mahasiswa di Jogja mendapat juara empat.
“Peserta dari Hongkong dan China merupakan pesaing terberat,” kata Axel Minggu (27/8/2023).
Axel mengaku akan konsen di olahraga Biliar. Saat ditanya alasan berhenti untuk kejuaraan matematika Axel hanya menjawab singkat pusing. “Ngikuti mate-matika pusing,” singkat Axel.
Axel sudah ditawari dari daerah lain untuk memperkuat kontingen biliar namun pihak keluarga masih pikir-pikir.
Sutrisno