Atraksi Bujang Ganong didepan panggung kehormatan  pada pawai pembangunan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Jl Pemuda Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora
BLORA (SUARABARU.ID) —  Berbagai jenis kreasi kesenian dan potensi kebudayaan ditampilkan para peserta pawai pembangunan ‘Blora Street Carnival’ tahun 2023, bertema terus melaju untuk Indonesia maju, sesarengan bangun Blora berkelanjutan, di tingkat Kabupaten Blora.
Para peserta tampak ceria memeriahkan pawai pembangunan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang digelar pada Sabtu, 26 Agustus 2023 dan Minggu, 27 Agustus 2023.
Selain menampilkan, seni barongan, kreasi seni budaya, peserta juga menampilkan berbagai macam pakaian adat, maskot dan replika.
Blora Street Carnival ini mengambil rute awal dari alun – alun Kota Blora,  menuju jalan Pemuda, melewati tugu Pancasila,  menuju Jl. A Yani dan finish didepan gedung DPRD Kabupaten Blora.
Ketua penyelenggara peringatan HUT ke-78 RI  Kabupaten Blora, Agus Puji Mulyono, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa  pawai pembangunan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan, melewati panggung Forkopimda didepan Kantor Bupati Blora Jl. Pemuda.
“Pawai pembangunan diikuti puluhan kontingen dan menampilkan potensi seni budaya khususnya dari wilayah Kabupaten Blora,” ungkap Agus Puji Mulyono  kepada suarabaru.id, Minggu, (27/8/2023).
Agus Puji Mulyono  mengatakan ‘Blora Street Carnival’ tersebut menjadi hiburan bagi masyarakat Blora sekaligus memberikan semangat bagi pelaku seni budaya di wilayah Kabupaten Blora.
Replika Kayu Jati dan Tarian Kolosal pada pawai pembangunan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Jl Pemuda Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora
“Blora Street Carnival ini menjadi wujud kreativitas peserta pawai pembangunan,” ujar Agus Puji Mulyono.
Masyarakat Blora pun tumpah ruah menyaksikan jalannya pawai, start Alun-alun kota Blora, para peserta melakukan pawai sepanjang 5 kilometer, dengan finish di depan gedung DPRD Blora, imbuhnya.
Sebelum pawai para peserta diberikan waktu tiga menit untuk unjuk gigi di depan panggung kehormatan, Bupati, Wakil Bupati Blora bersama Forkopimda, salah satu peserta dari Kelurahan Mlangsen menampilkan replika batang kayu jati serta tarian kolosal.
“Tahun ini warga kami menampilkan replika pohon jati dan tari kolosal yang merupakan identitas asli Kabupaten Blora,” ungkap, Evi, Kepala Kelurahan  Mlangsen.
Pada saat itu, Bupati Blora H. Arief Rohman dalam sambutannya berharap kegiatan pawai pembangunan ini tidak hanya sekedar euforia melainkan bisa memperkokoh persatuan dan kesatuan.
“Semoga ini tidak hanya menjadi euforia saja, melainkan menjadi semangat untuk bersama melakukan pembangunan karena semua itu butuh peran serta semua pihak, sesarengan mbangun Blora,” ucap Bupati Blora.
Bupati Blora mengatakan, Pemkab Blora akan terus mendukung semua kegiatan yang memiliki tujuan menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya.
“Kami juga akan terus mendukung kegiatan – kegiatan yang bertujuan memperkokok persatuan kesatuan serta melestarikan nilai-nilai kebudayaan yang ada,” ucap Bupati Blora.
Untuk diketahui, pawai pembangunan tingkat Kabupaten Blora ini diikuti oleh puluhan kontingen dari berbagai perwakilan  se-Blora, ‘Blora Street Carnival’ tahun 2023, tingkat SMA/sederajat/Universitas-OPD pada Sabtu, 26 Agustus 2023, pukul 08.00 WIB – selesai  dan tingkat PAUD/SD/SMP/sederajat pada Sabtu, 26 Agustus 2023, pukul 09.00 WIB – usai.
Kudnadi Saputro