Dalam melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkades serentak, Bupati Indrata Nur Bayu Aji bersama Kapolres Pacitan, peduli menyalami petugas yang melayani pemilih untuk melakukan pencoblosan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 21 desa di Kabupaten Pacitan, Jatim, Sabtu (26/8), menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Ke 21 desa tersebut berada di 10 dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, Bupati Indrata Nur Bayu Aji bersama jajaran Forkopimda, melakukan monitoring langsung jalannya coblosan pelaksanaan Pilkades serentak tersebut. Dilaporkan, jalannya coblosan untuk memilih figur Kepala Desa (Kades) di 21 desa tersebut, berjalan aman, tertib dan lancar.

Di Kecamatan Pacitan Kota, Sabtu (26/8), digelar dua Pilkades bersamaan. Yakni di Desa Arjowinangun dan Desa Sukoharjo. ”Dari pantauan kami, Alhamdulillah berjalan lancar. Mudah-mudahan sampai nanti selesai perhitungan, juga tetap lancar,” jelas Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Bupati berpesan, kepada semua calon yang mengikuti kontestasi dalam Pilkades, agar tetap menjaga kondusivitas. Bagi calon Kepala Desa (Kades) yang terpilih, hendaknya merangkul semua jago untuk bersama bersatu membangun desa. Bagi yang tidak terpilih, diminta untuk bersikap legawa.

Menyapa Pemilih

Selain di Desa Arjowinangun, Bupati bersama Forkopimda juga memantau pelaksanaan Pilkades di Desa Sukoharjo Kecamatan Pacitan dan Desa Gembuk di Kecamatan Kebonagung. Dalam pantauannya itu, Bupati sempat menyalami para petugas yang melayani coblosan pemilihan, juga menyapa para pemilih yang tengah duduk di ruang tunggu.

Desa-desa lain yang juga melaksanakan Pilkades serentak adalah Desa Sendang dan Desa Donorojo di Kecamatan Donorojo, Desa Mendolo Lor, Bomo, Kebonsari dan Desa Piton di Kecamatan Punung, serta Desa Poko, Dadapan, Pelem dan Desa Tamanasri di Kecamatan Pringkuku.

Di Kecamatan Tulakan, yang melaksanakan Pilkades adalah Desa Gasang, Losari dan Desa Ketro Harjo. Kemudian di Kecamatan Kebonagung adalah Desa Gembuk.

Kemudian di Kecamatan Arjosari, Desa Kedungbendo. Di Kecamatan Bandar, Desa Tumpuk. Berikut untuk Kecamatan Tegalombo adalah Desa Tegalombo. Kecamatan Ngadirojo Desa Hadiwarno dan Nogosari.
Bambang Pur